Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Disebut yang Terpanjang di Indonesia, Segini Jaraknya

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 24 Juli 2023 | 15:57 WIB
Penampakan Terowongan Kembar Tol Cisumdawu yang disebut sebagai terowongan jalan tol terpanjang di Indonesia.
bpjt.pu.go.id
Penampakan Terowongan Kembar Tol Cisumdawu yang disebut sebagai terowongan jalan tol terpanjang di Indonesia.

GridOto.com - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) memliki ikon berupa Terowongan Kembar atau Twin Tunnel.

Berdasarkan unggahan akun Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) @pupr_bpjt, Twin Tunnel Tol Cisumdawu ini merupakan terowongan Jalan Tol terpanjang dan pertama di Indonesia.

"Terowongan kembar atau Twin Tunnel yang ada di Jalan Tol Cisumdawu di Jawa Barat, jadi terowongan Jalan Tol terpanjang dan pertama di Indonesia nih sobat," tulis akun tersebut, Sabtu (22/7/2023).

Admin Instagram BPJT juga mengungkapkan kalau Terowongan Kembar yang berada di KM 169 ini memiliki jarak ujung ke ujung atau panjang 472 meter.

Sebelumnya, Terowongan Kembar ini dijadikan lokasi peresmian Tol Cisumdawu yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada 11 Juli 2023.

“Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan, sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali,” ucap Presiden Jokowi, dikutip dari halaman setkab.go.id, Selasa (11/7/2023).

Presiden Jokowi berharap, kehadiran jalan tol sepanjang 62 km ini akan mempermudah dan memperlancar konektivitas menuju Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati.

“Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati,” ujarnya.

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi. Seksi 1, yaitu Cileunyi - Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer, telah beroperasi sejak Januari 2022.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@pupr_bpjt)

Baca Juga: Ada Papan Angka di Atas Rambu Penunjuk Jalan Tol, Ini Fungsinya

Seksi 2, yaitu Pamulihan - Sumedang sepanjang 17,05 kilometer, dan Seksi 3, yaitu Sumedang - Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer, telah beroperasi sejak Desember 2022.

Secara keseluruhan, investasi yang ditanamkan dalam pembangunan Tol Cisumdawu mencapai Rp 5,5 triliun.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa