Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Urai Kemacetan Jelang Nataru, Jasa Marga Siapkan Transaksi Mobile Reader di Gerbang Tol

M. Adam Samudra - Sabtu, 17 Desember 2022 | 21:50 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama
Jasa Marga
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama

GridOto.com - PT Jasa Marga menilai pemanfaatan perangkat mobile reader terbukti efektif dalam mengurai kemacetan arus lalu lintas di gerbang tol.

Sebab, perangkat itu mampu mempercepat waktu transaksi pengendara saat mudik Nataru 2023.

Hal ini seperti disampaikan oleh Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana.

Menurut dia, mobile reader merupakan upaya meningkatkan kapasitas gardu, baik pada sistem transaksi terbuka maupun transaksi tertutup.

Produk ini terbukti mampu memangkas waktu transaksi dari biasanya per satu gardu eksisting membutuhkan waktu 4-5 detik per transaksi.

"Jadi untuk mengatisipasi kemacetan di gerbang tol kami sudah menyiapkan petugas mobile-nya dari rekan-rekan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Mobile reader supaya membantu tidak menumpuk disatu titik gardu, jadi kita jemput transaksi untuk mengatisipasi kemacetan," kata Lisye, Sabtu (17/12/2022).

Berdasarkan hasil evaluasi, kata dia, arus lalu lintas terbilang lancar berkat dukungan sinergi lintas sektoral yang optimal. Faktor lainnya, yaitu kelancaran transaksi di gerbang tol.

Menurutnya, pengemudi cukup menempelkan kartu tol elektronik ke mobile reader yang dibawa oleh petugas.

Tak hanya itu, mobile reader ini juga teruji mempunyai sistem fleksibilitas yang tinggi dalam membantu kelancaran transaksi lainnya, seperti penyiapan transaksi gardu masuk darurat di Ruas Tol Mojokerto-Kertosono.

Baca Juga: Gelar Sosialisasi di Bengkel, Satlantas Polres Bojonegoro Larang Mekanik Pasang Knalpot Brong

PT Jasa Marga memprediksi 2,73 juta kendaraan mengarah keluar wilayah Jabodetabek melalui jalan tol dalam masa Libur Natal dan Tahun Baru atau Libur Nataru 2022/2023.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa