Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Empat Juta Orang Diprediksi Menuju Jateng saat Libur Nataru, Kemenhub Bakal Lakukan Ini

M. Adam Samudra - Jumat, 17 Desember 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi PPKM Level 3 serentak saat lbir Nataru dibatalkan
BKIP Kemenhub
Ilustrasi PPKM Level 3 serentak saat lbir Nataru dibatalkan

GridOto.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengungkapkan Jawa Tengah merupakan daerah yang diprediksi menjadi tujuan favorit masyarakat yang akan melakukan perjalanan di masa libur Nataru.

Menhub pun mengingatkan kepada Pemda Jateng, untuk memastikan mereka yang melakukan perjalanan telah memenuhi ketentuan prokes yang berlaku di masa libur Nataru.

“Pada libur Nataru kali ini, hampir 4 juta orang diprediksi akan menuju Jateng, untuk itu kita harus bisa mengelola pergerakan ini dengan baik,” ucap Budi melalui keterangannya, Jumat (17/12/2021).

Adapun pengetatan prokes yang diatur adalah masyarakat yang berpergian jarak jauh (untuk orang dewasa) wajib sudah vaksin dua kali (dosis lengkap), dan menunjukkan hasil negatif tes antigen 1x24jam.

Pada kesempatan tersebut Menhub juga memberikan imbauan kepada pengelola kendaraan logistik, untuk melakukan aktivitas muatan logistik sebelum tanggal 20 Desember 2021.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan maupun lonjakan yang tinggi pada saat masa libur Nataru.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh perwakilan Polda Jawa Tengah, di Jawa Tengah puncak arus mudik Libur Nataru 2021/2022 diperkirakan akan terjadi pada tanggal 24 Desember 2021.

Sementara perkiraan puncak arus balik jatuh pada tanggal 2 Januari 2022.

Baca Juga: Bus Listrik Damri Hadir di Bandara Soekarno Hatta, Ini kata Kemenhub

Sejumlah upaya lain yang dilakukan dalam rangka pengendalian transportasi di masa libur Nataru, diantaranya, melakukan ramp check terhadap kelaikan armada transportasi.

Tak hanya itu, akan ada pengecekan kesehatan para awak transportasi, kemudian juga membentuk Posko Bersama untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara komprehensif.

Serta menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa