Indonesia Bebas ODOL 2023, Kemenhub Gencar Bangun Jembatan Timbang

M. Adam Samudra - Jumat, 8 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Pemotongan truk overdimensi
Kemenhub
Pemotongan truk overdimensi

GridOto.com - Pemerintah saat ini tengah mengupayakan sejumlah cara untuk dapat mewujudkan Indonesia Bebas Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) pada tahun 2023.

Berkaitan dengan itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi meresmikan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor dan Pembukaan Acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2021 di Terminal Gambut Barakat, Banjar, Kalimantan Selatan.

"Harapan kita semua keberlangsungan UPPKB ini dapat mengurangi tingkat kerusakan jalan dan meningkatkan berbagai aspek maupun pengendalian keselamatan lalu lintas dengan berbagai upaya seperti penilangan kendaraan, transfer muatan, dan penandaan pilok kendaraan yang over dimensi agar dilakukan pemotongan," kata Budi, Jum'at (8/10/2021).

Ia mengklaim, pemerintah akan tegas memberikan sanksi bagi perusahaan yang melanggar guna meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Baca Juga: Kalau Truk Ini Ada di Indonesia, Angkot Hobi Ngetem Bisa Digiling Satu-satu

Baca Juga: Cuma Demi Konten Nekat Cegat Truk, Remaja Tewas Dilindas Truk, Sebenarnya Siapa Salah?

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Rusdiansyah menyampaikan, pemerintah akan ikut serta dalam memerangi kendaraan barang yang Over Dimension dan Over Loading (ODOL) dengan tujuan Zero ODOL 2023.

“Semua pembangunan diupayakan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Karena pada hakekatnya apapun bentuk pembangunannya semua ditujukan untuk melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hari ini kita meresmikan UPPKB Kintap sebagai sarana kita untuk mengendalikan muatan kendaraan bermotor sesuai dengan kapasitas yang ditentukan," bebernya.

"Sarana ini merupakan salah satu upaya untuk memelihara ruas jalan di Kalimantan Selatan agar tidak cepat mengalami kerusakan. Jangan sampai terjadi pungli atau pelanggaran lainnya yang sudah ditentukan oleh aturan UPPKB. Seiring dengan kegiatan PNKJ tahun 2021 saya mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, mari kita budayakan tertib lalu lintas," sambungnya.

Sekadar informasi, Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) hadir sebagai tempat terselenggaranya pelaksanaan penimbangan kendaraan bermotor.

Penyelenggaraan dan peresmian UPPKB Kintap merupakan upaya Kementerian Perhubungan untuk mengendalikan operasional angkutan barang dari segi muatan dan dimensi di provinsi Kalimantan Selatan.


Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa