Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cerita Dirlantas Polda Jatim Saat ke Melbourne, Masyarakat Bisa Tilang Pelanggar Lalu Lintas Sendiri

M. Adam Samudra - Minggu, 1 Oktober 2023 | 13:02 WIB
Pelanggar lalu lintas berhasil kabur
Instagram/@agoez_bandz
Pelanggar lalu lintas berhasil kabur

GridOto.com - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin menceritakan keunikan saat dirinya melakukan kunjungan kerja bersama Bapenda ke Melbourne, Australia.

Dari hasil kunjungan kerja tersebut ia mendapatkan pengetahuan bahwa Negara bagian Melbourne, selain aparat kepolisian pemerintah juga mengijinkan keikutsertaan masyarakat secara luas secara aktif untuk menindak pelanggar lalu lintas.

"Artinya ketika ada warga yang tahu ada warga lain yang melanggar, dia bisa menilang secara elektronik (artinya tidak ada sentuhan antara pelanggar dengan masyarakat yang menindak), tentu disertai dengan bukti (istilah kita tertangkap tangan melalui Handphone)," kata Taslim kepada GridOto.com, Minggu (1/10/2023).

"Atas penilangan itu, masyarakat yang menilang akan diberikan semacam jasa / insentif," sambungnya.

Taslim menambahkan, andaikan saja di Indonesia bisa diterapkan hal seperti itu tentu akan ada keteraturan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

"Semua itu tentu dilakukan untuk menciptakan keteraturan dan ketertiban dan sekaligus upaya menekan semaksimal mungkin orang mati sia-sia akibat laka lantas, oleh karena setiap kecelakaan dipastikan didahului karena adanya pelanggaran lantas," tegasnya.

Penindakan melalui ponsel sudah diterapkan di Indonesia

Sementara di iIndonesia sendiri saat ini ada tiga jenis ETLE yang diterapkan kepolisian.

Selain ETLE mobile, ada pula ETLE statis yang ditempatkan di titik-titik rawan pelanggaran dan ETLE portabel yang bisa dipakai dalam situasi dan kepentingan tertentu.

Baca Juga: Ratusan Motor Tilang Belum Diambil Pemiliknya, Cek Apa Milik Sobat

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa