Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GIIAS 2023

Indika Energy Luncurkan INVI, Naungi Bus Listrik KGM dan Charging Station Kendaraan Listrik

Naufal Shafly - Jumat, 11 Agustus 2023 | 15:15 WIB
Bus listrik KGM dengan balutan karoseri Adi Putro.
Naufal/GridOto.com
Bus listrik KGM dengan balutan karoseri Adi Putro.

GridOto.com - PT Indika Energy Tbk melalui anak usahanya yakni PT Energi Makmur Buana (EMB), meluncurkan brand INVI di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Jumat (10/8).

INVI merupakan produk layanan ekosistem pendukung kendaraan listrik, termasuk pengisi daya 200 kW yang memiliki 39 paten.

Selain itu, ada juga pengisi daya dengan teknologi ultra-fast charging berdaya 400 kW.

Pada kesempatan yang sama, Indika Energy juga menandatangani kerjasama lokalisasi mesin pengisian kendaraan berbasis baterai dengan Daeyoung Chaevi Co., Ltd.

Sebagai bagian dari kesepakatan ini, Indika Energy melalui EMB akan berperan sebagai mitra lokal dalam mendukung proses lokalisasi, termasuk manufaktur, penelitian, dan pengembangan komponen yang diperlukan untuk produksi mesin pengisian baterai listrik.

“Melalui langkah strategis ini, diharapkan produksi mesin pengisian baterai listrik lokal dan adopsi kendaraan listrik di Indonesia dapat meningkat, seiring dengan upaya pencapaian netral karbon," ucap Azis Armand, Wakil Direktur Utama dan Grup CEO PT Indika Energy Tbk.

Peresmian brand INVI dari Indika Energy Group
Naufal Shafly/GridOto.com
Peresmian brand INVI dari Indika Energy Group


"Peluncuran produk charging station INVI dan bus listrik ini menjadi bagian dari perjalanan Indika Energy untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Tanah Air,” lanjutnya.

Tak hanya charging station, INVI juga akan memperkenalkan bus listrik KG Mobility, yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Edison Motors.

Bus listrik ini dibekali motor 320 kW yang diklaim memiliki jarak tempuh lebih dari 350 km.

Baca Juga: MAB Sebut Subsidi Bus Listrik Penting Buat Konsumen dan Industri Tanah Air

Deretan produk charging kendaraan listrik INVI.
Naufal/GridOto.com
Deretan produk charging kendaraan listrik INVI.


Menurut Aziz, hal ini menjadi salah satu komitmen Indika Energy Group dalam mengakselerasi perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Kehadiran INVI di Indonesia tidak hanya dari sisi distributor kendaraan listrik komersial, namun juga sebagai Seamless EV Experience," kata Aziz.

Menurut Tammam Jannata, Director PT Energi Makmur Buana (INVI), saat ini pihaknya sudah menguji coba dua unit bus listrik KGM di Indonesia.

Bus listrik pertama bekerja sama dengan Damri sebagai operator, dan digunakan sebagai salah satu armada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sejak November 2021.

"Bus listrik satunya saat ini masih trial dengan Transjakarta," ucap Tammam kepada GridOto.com.

Di ajang GIIAS 2023, bus listrik KGM menjadi salah satu unit display di karoseri Adi Putro.

Buat yang belum tahu, bus KGM memang menggunakan bodi garapan karoseri Adi Putro.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa