Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harganya Tembus Rp Satu Miliar, Kok Mazda CX-60 Enggak Sekalian Pakai Mesin PHEV?

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 26 Juli 2023 | 17:56 WIB
Padahal harganya sudah tembus Rp 1 miliar, kok Mazda CX-60 masih pakai mesin mild hybrid saat ada pilihan mesin PHEV?
Pradana
Padahal harganya sudah tembus Rp 1 miliar, kok Mazda CX-60 masih pakai mesin mild hybrid saat ada pilihan mesin PHEV?

GridOto.com - Mobil baru Mazda CX-60 akhirnya resmi masuk ke Tanah Air lewat acara peluncuran yang digelar pada Rabu, (26/7/2023) siang tadi.

Dibanderol lebih dari Rp 1 miliar, Mazda CX-60 hadir dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang membuatnya diklaim sebagai The Perfect Jinba-Ittai.

Salah satunya mesin mild hybrid 3.300 cc enam silinder turbo, dengan power maksimal 280 dk dan torsi puncak 450 Nm yang disalurkan lewat transmisi otomatis 8-percepatan ke penggerak All Wheel Drive (AWD).

Tapi kalau melihat Mazda CX-60 yang dijual di negara-negara lain seperti Eropa dan Jepang, mesin bensin Plug-in Hybrid Electric Vehicle atau PHEV menjadi pilihan paling tinggi.

Mesin bernama e-SKYACTIV PHEV itu adalah mesin bensin 2.500 cc empat silinder dengan motor listrik dan baterai berkapasitas 17.8 kWh, yang bisa menyemburkan tenaga maksimal 323 dk dan torsi puncak 500 Nm.

Dengan harga yang sudah kepalang tembus Rp 1 miliar, kenapa PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku pemegang merek Mazda di Indonesia tidak sekalian memakai mesin tersebut?

"Pertama karena alokasi untuk kami adalah mild hybrid, juga dari performa dan profil Jinba-Ittai yang kami inginkan, memang (mesin) ini yang paling cocok," ucap RIcky Thio, Managing Director EMI kepada GridOto.com usai acara peluncuran di Jakarta Selatan.

"Dengan sasis dan platform baru, serta konsep mesin mild hybrid turbo, kombinasi semuanya menghasilkan performa yang luar biasa," tambahnya.

Kata Jinba-Ittai sendiri diambil dari Yabusame (aliran panahan berkuda tradisional Jepang) yang secara harfiah mempunyai arti 'Manusia dan Kuda sebagai Satu Kesatuan.'

Baca Juga: Mobil Baru Mazda CX-60 Meluncur Bawa Teknologi Mild Hybrid, Harga Tembus Rp 1 Miliar 

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa