Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waktu Tempuh Cileunyi-Dawuan Jadi Cuma 1 Jam, Tol Cisumdawu Siap Beroperasi Juni 2023

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 19 Juni 2023 | 19:30 WIB
Tol Cisumdawu siap beroperasi sepenuhnya pada Juni 2023.
Tribunnews.com/Jeprima
Tol Cisumdawu siap beroperasi sepenuhnya pada Juni 2023.

GridOto.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu dipastikan bisa mulai beroperasi sepenuhnya mulai dari Seksi 1 hingga Seksi 6 pada 2023.

Hal tersebut disampaikan jajaran PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), selaku pihak yang melakukan pengusahaan Tol Cisumdawu.

Direktur Operasional CMNP, Djoko Sapto, menyatakan bahwa proyek Tol Cisumdawu telah mencapai kemajuan yang signifikan meskipun menghadapi kendala seperti kondisi alam dan pengadaan tanah.

"Pada tahun 2023, Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi secara penuh mulai dari Seksi 1 yang terhubung dengan jalan tol Purbaleunyi, hingga Seksi 6 yang terhubung dengan jalan tol Cipali," kata Djoko, dikutip dari TibunJabar.id, Senin (19/6/2023).

Djoko juga menjelaskan bahwa Seksi 1 Jalan Tol Cisumdawu telah resmi beroperasi pada 24 Januari 2022, diikuti oleh pembukaan fungsional Seksi 2 dan Seksi 3 pada 15 Desember 2022, dan penerapan tarif pada 28 Februari 2023.

Jalan Tol Cisumdawu sendiri sudah terhubung dari Cileunyi sampai Kertajati pada bulan Juni 2023, dan hanya perlu menyelesaikan beberapa pekerjaan seperti marka jalan dan guardrail.

Panjang total jalan tol ini akan bertambah menjadi 62 kilometer setelah tersambung sepenuhnya.

Dengan kecepatan 80 km per jam, diperkirakan waktu tempuh di jalan tol yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan ini akan kurang dari 1 jam.

Sementara itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan Dirjen Bina Marga, Triono Junoasmono, menyatakan bahwa pada tanggal 15 Juni 2023, semua ruas jalan tol Cisumdawu akan mulai tersambung. Pekerjaan fisiknya diharapkan selesai pada tanggal 12 Juni 2023.

Baca Juga: Uji Laik Fungsi Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Rampung, Siap Beroperasi Tidak Lama Lagi

Editor : Dida Argadea
Sumber : TribunJabar.ID

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa