Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Dibuka, Arus Mudik Lebaran Diklaim Lebih Lancar

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 22 April 2023 | 11:50 WIB
Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.
Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023.

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim fungsional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-Seksi 6 Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 km dapat memperlancar arus mudik Lebaran 2023.

Koordinator Pengawas Lapangan, Satker PJBH Cisumdawu, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR, Asep Sulaeman mengatakan, kondisi Jalan Tol Cisumdawu relatif lancar dengan kondisi cuaca cerah.

Menurutnya pada Jumat (21/04) kemarin pukul 08.30 WIB, pantauan arus lalu lintas di Seksi 1-3 lancar dengan kondisi cuaca cerah.

"Kemudian jalur fungsional seksi 4-6 yang dibuka pukul 06.00 hingga 15.00 WIB dengan kondisi lalu lintas di seksi 4-6 juga lancar," ujar Asep dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/04/2023).

Asep melanjutkan, Kementerian PUPR dan BUJT juga menyiapkan rest area sementara di KM 194+400 Seksi 4B untuk mendukung arus mudik.

"Kami juga menyediakan Posko Siaga Sapta Taruna dengan lokasi rest area KM 194+400 yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk beristirahat. Posko ini juga dilengkapi toilet mushola, pombensin dan lain-lain," jelasnya.

Seperti diketahui, pada Desember 2022 lalu Jalan Tol Cisumdawu seksi 1-3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah operasional.

Dengan demikian tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas tol Cipularang hingga ruas tol Cipali.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Beroperasi Fungsional Selama Lebaran 2023, Pertamina Siapkan SPBU Modular Buat Pemudik

Setelah dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada awal Juni 2023.

"Akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni 2023, semua ruas Tol Cisumdawu 62 km sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujar Basuki.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa