Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Setelah Fungsional di Lebaran 2023, Jalan Tol Cisumdawu Ditargetkan Operasi Penuh di Akhir Mei

Muslimin Trisyuliono - Senin, 10 April 2023 | 13:30 WIB
Jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)
Tribunjabar.id/Seli Andina Miranti
Jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan fungsional di Lebaran 2023 dan ditargetkan operasi penuh di akhir Mei 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan dalam persiapan arus mudik Lebaran 2023 rencananya akan fungsional Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,165 km.

Sehingga untuk untuk Jalan Tol Cisumdawu dalam rangka mudik Lebaran 2023 nanti akan tembus dari Cileunyi sampai Dawuan.

"Untuk titik yang longsor di Seksi 4 sedang diselesaikan penanganannya, akan dibuka dua lajur untuk bisa fungsional pada 15 April 2023," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Minggu (09/04/2023).

Lanjut menurut Basuki, untuk pengaturan lalu lintas saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

"Apakah akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan," ucap Basuki.

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023.

"Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas Tol Cisumdawu sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," jelasnya.

Adapun Jalan Tol Cisumdawu yang akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 terdiri dari Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km.

Baca Juga: Jangan Datang Kemalaman, Catat Jam Operasi Fungsional Tol Solo-Klaten Periode Mudik Lebaran 2023

Kemudian Seksi 5 Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan termasuk Junction Dawuan sepanjang 6,065 km.

Jalan Tol Cisumdawu sebelumnya telah beroperasi pada Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan  sepanjang 11,45 km sejak Januari 2022, serta Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 Km.

Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km yang beroperasi sejak Desember 2022 sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa