Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Datang Kemalaman, Catat Jam Operasi Fungsional Tol Solo-Klaten Periode Mudik Lebaran 2023

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 10 April 2023 | 10:10 WIB
Tol Solo-Klaten akan dibuka fungsional pada mudik Lebaran 2023, catat waktu opersai fungsionalnya.
bpjt.pu.go.id
Tol Solo-Klaten akan dibuka fungsional pada mudik Lebaran 2023, catat waktu opersai fungsionalnya.

GridOto.com - Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, Tol Solo-Yogyakarta sepanjang 6 km rencananya akan dibuka secara fungsional.

Ruas yang dapat dilintasi para pemudik merupakan seksi 1.1 Solo-Klaten (22,3 km) yang sampai saat ini terus dipersiapkan infrastrukturnya berdasarkan kriteria dan standar teknis konstruksi jalan tol.

Rencananya, ruas fungsional seksi 1.1 untuk arus mudik Lebaran akan menggunakan 1 jalur dengan 2 lajur bagi kendaraan golongan I.

Pemudik dengan kendaraan mobil pribadi bisa melewati jalan tol fungsional ini, dengan waktu penggunaan jalur pukul 07.00-17.00 WIB atau sesuai pengaturan Korlantas.

Ada tiga posko pengamanan jalur Lebaran di Exit Tol Colomadu (Sta. 0+600), Pintu Keluar Sawit (Sta. 6+100), dan traffic light Bangak.

Sebagai informasi, saat ini masih terus berlangsung pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo dilaksanakan secara bertahap, seksi per seksi (seksi 1, 2, dan 3).

“Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk tol di area Purwomartani serta untuk memudahkan arus keluar masuk Yogyakarta via jalan tol Yogyakarta-Bawen yang juga akan terhubung dengan tol ini,” jelasnya, dikutip dari Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, selain Tol Yogyakarta-Bawen, tol Solo-Yogyakarta-NYIA juga akan terhubung dengan Tol Semarang-Solo.

Baca Juga: Pengerjaan Dikebut, Tol Solo-Yogyakarta Hanya Dibuka Satu Arah saat Arus Mudik

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa