Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tidak 24 Jam, Catat Jadwal Operasi Fungsional Tol Cisumdawu saat Mudik Lebaran 2023

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 10 April 2023 | 08:26 WIB
Akan dibuka saat mudik Lebaran 2023, catat jam operasi fungsional Tol Cisumdawu seksi 4,5, dan 6.
Tribunnews.com/Jeprima
Akan dibuka saat mudik Lebaran 2023, catat jam operasi fungsional Tol Cisumdawu seksi 4,5, dan 6.

GridOto.com - Untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan  atau Tol Cisumdawu seksi 4,5, dan 6 akan beroperasi fungsional pada 15 April 2023.

“Tanggal 15 April 2023 nanti tol Cisumdawu seksi 4,5, dan 6 ini sudah selesai dan secara fungsional sudah bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dikutip dari Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Namun perlu dicatat, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, ruas yang mengubungkan wilayah Cimalaka sampai Dawuan tersebut, jam operasionalnya masih dibatasi.

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” ujar Budi.

Budi menambahkan, alasan jam operasi fungsional yang masih dibatasi tersebut karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, terkait pengaturan lalu lintas di Tol Cisumdawu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Korlantas Polri.

"Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Basuki.

Basuki mengatakan, usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, seluruh ruas Tol Cisumdawu ditargetkan akan beroperasi penuh pada akhir Mei 2023 mendatang.

"Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujarnya.

Baca Juga: Menteri PUPR Sebut Tol Cisumdawu-Cipali Sudah Terhubung, Siap Dipakai Arus Mudik Lebaran 2023

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa