Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Dukung Mudik Lebaran 2023, Seluruh Ruas Tol Cisumdawu dan Japek II Selatan Ditargetkan Segera Beroperasi

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 31 Maret 2023 | 12:30 WIB
Ilustrasi. Tol Cisumdawu
Tribunjabar.id/Kiki Andriana
Ilustrasi. Tol Cisumdawu

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, dapat dibuka penuh selama periode mudik Lebaran 2023.

Adapun ruas tol yang rencananya dibuka fungsional guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, yakni Seksi 4 sampai Seksi 6 Cimalaka-Dawuan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, pun terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian penanganan Jalan Tol Cisumdawu, khususnya yang perlu diperhatikan pada Seksi 5A dan Seksi 5B.

"Nanti saya minta laporan update sebelum Lebaran, tanggal 15 April," ujar Basuki dalam keterangan resmi PUPR, Jumat (31/3/2023).

Adapun Jalan Tol Cisumdawu yang akan dibuka fungsional sepanjang 29,165 km, terdiri dari Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 

Kemudian Seksi 5 Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan termasuk Junction Dawuan sepanjang 6,065 km.

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini dihadapkan dapat memainkan peran penting, guna memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cisumdawu sebelumnya telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km sejak Januari 2022.

Kemudian Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran Nataru.

Baca Juga: Tarif Tol Cisumdawu Dinilai Kemahalan sehingga Bisa Picu Kecelakaan, Berikut Rincian Tarif di Semua Seksinya

Sementara itu, untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan juga rencananya dibuka fungsional sebagai dukungan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Rencananya jalur fungsional mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang-SS Kutanegara-Taman Mekar–Jalan Pangkalan sepanjang 28,75 km.

Sehingga para pemudik dari Bandung menuju Jakarta dapat masuk ke SS Sadang, tepatnya di KM 77 Tol Purbaleunyi menuju Taman Mekar ke GT Karawang Barat, dengan jarak sekitar 16 Km via Jalan Pangkalan.

Jalan Tol Japek II Selatan membentang sepanjang 62 Km yang menghubungkan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta–Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat dengan biaya investasi sebesar Rp 14,691 Triliun.

Pembangunan Jalan Tol ini terbagi dalam 3 Seksi yakni Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 km, dan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa