Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Begini Cara Polres Metro Bekasi Tentukan Titik Black Spot

M. Adam Samudra - Kamis, 11 Mei 2023 | 11:30 WIB
Ilustrasi kecelakaan
Adam Samudra
Ilustrasi kecelakaan

GridOto.com - Bagi pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua untuk lebih hati-hati dan waspada ketika melintas, di wilayah Kabupaten Bekasi.

Pihak kepolisian Polresta Bekasi Kabupaten telah memetakan jalur rawan kecelakaan (Black Spot).

Kanit Laka Satlantas Polres Metro Bekasi Iptu Carmin mengatakan, sedikitnya ada dua lokasi yang paling rawan kecelakaan.

"Kabupaten Bekasi ini yang menjadi black spot itu ada dua titik, pertama di Jalan Gatot Subroto sampai Jalan Martadinata, kedua di Jalan Imam Bonjol, Cibitung Raya. Tadinya titik blackspot ada di jalan Urip Sumoharjo, karena turun (angka lakanya) geser ke Barat," kata Iptu Carmin saat ditemui GridOto.com, Kamis (11/5/2023).

Menurut Carmin untuk menentukan suatu titik black spot itu tidak serta merta secara langsung, melainkan menunggu selama 2 tahun.

Iptu Carmin selaku Kanit Laka Polres Metro Bekasi
Adam Samudra
Iptu Carmin selaku Kanit Laka Polres Metro Bekasi

"Karena perhitungan black spot itu ada rumusnya dalam jangka waktu dua tahun yang menimbulkan 30 poin, misal 10 poin jika meninggal, 5 poin itu luka, sementara kerugian material cuma 1 poin. Jadi dalam 1 titik (500 meter) jalan tersebut apabila dalam jangka 2 tahun mempunyai 30 poin. Dari semua poin tersebut barulah di jumlah, itu baru  dinamakan wilayah black spot," paparnya.

"Dulu itu jika dilihat sering terjadi kecelakaan itu yang menjadi titik blackspot, sekarang tidak, tapi pakai poin," sambungnya.

Angka Kecelakaan Turun

Sementara itu, Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi, AKP Ilham menyatakan bahwa angka kecelakaan selama 3 bulan terakhir turun di Kabupaten.

Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi, AKP Ilham
Adam Samudra
Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi, AKP Ilham

"Angka kecelakaan turun menjadi sekitar 20 persen dibandingkan tahun 2022, dimana kecelakaan didominasi oleh sepeda motor yakni 80 persen dengan usia produktif antara 16-30 tahun. Untuk model kecelakaanya pun bervariasi antara mobil dan motor, motor dan mobil," ucapnya.

Ia pun menghimbau kepada seluruh pengendara untuk selalu safety saat berkendara.

"Saya meminta kepada pemotor jika pun keluar sebentar untuk tetap kenakan Helm, karena kecelakaan itu bermula dari adanya suatu pelanggaran," tutupnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa