Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2023, Catat Jadwalnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 12 April 2023 | 20:51 WIB
Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2023.
bpjt.pu.go.id
Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2023.

GridOto.com - Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) bagian Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik kendaraan selama libur Lebaran 2023.

Renacanya, ruas Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28,5 km dan Dolok Merawan-Sinaksak sepanjang 15,6 km akan dibuka untuk kendaraan golongan 1 (mobil, mini bus).

Kecepatan kendaraan yang melintas di ruas tersebut dibatasi di 40-60km/jam dan jalan tol akan dibuka dari tanggal 15 April 2023 sampai dengan tanggal 2 Mei 2023.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, mengatakan, sebelumnya kendaraan yang melintas di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dari arah Medan hendak menuju wilayah lain seperti Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di exit Tebingtinggi ke jalan nasional.

"Nanti dengan fungsionalnya jalan tol kami, maka kendaraan dari Medan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Indrapura," ujarnya, diktuip dari TribunMedan.com, Rabu (12/4/2023).

Sedangkan fungsionalnya gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak diharapkan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah kota Medan yang akan menuju Pematang Siantar.

Dindin menjelaskan, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sampai dengan saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Meskipun masih dalam tahap konstruksi, dua ruas gate to gate dipilih karena dinilai paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi oleh kendaraan.

”Scope pekerjaan seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura telah selesai konstruksinya, sehingga sepanjang jalan tol telah dilengkapi dengan perambuan, marka, guadrail dan penerangan yang memadai, namun pada area gate Inderapura yang masuk scope pekerjaan Seksi 2 masih terdapat tahap pekerjaan finishing konstruksi," jelas Dindin.

Sedangkan untuk ruas gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak yang masuk scope pekerjaan Seksi 4, masih terdapat titik-titik pekerjaan konstruksi yang perlu menjadi perhatian bagi pengendara yang melintas.

Editor : Hendra
Sumber : Tribun-Medan.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa