Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenperin Jalin Kerja Sama dengan Toyota Kembangkan Pendidikan Vokasi Menuju Era Elektrifikasi

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 4 Februari 2023 | 17:10 WIB
Penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat hingga dua kali lipat di GIIAS 2022.
Dok. TAM
Penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat hingga dua kali lipat di GIIAS 2022.

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya dalam pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik di Tanah Air.

Salah satu langkah akselerasi dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan menciptakan inovasi industri tersebut.

Dalam hal ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin menjalin kerja sama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Kerja sama dalam peluncuran SMK Pusat Keunggulan Elektrifikasi Industri Otomotif di wilayah Jawa berlokasi di SMK-SMTI Yogyakarta selaku unit pendidikan vokasi milik Kemenperin.

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri BPSDMI Kemenperin, Restu Yuni Widayati, mengatakan kerja sama ini bagian pengembangan pendidikan vokasi terkait teknologi elektrifikasi kendaraan.

"Materi teknologi elektrifikasi yang diakses pada media pembelajaran ini dibuat lebih atraktif dalam bentuk annimasi teknologi kendaraan elektrifikasi lengkap," ujar Restu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (03/02/2023).

Menurut Restu, pembahasan meliputi elemen utama kendaraan elektrifikasi seperti mesin, baterai, power control unit (PCU), dan juga electric motor.

Selain itu, untuk mendukung penciptaan tenaga kerja industri yang berkualitas, Kemenperin menyelenggaraan pendidikan vokasi pada sembilan unit SMK, 13 politeknik dan akademi komunitas, serta tujuh Balai Diklat Industri yang tersebar dari Aceh hingga Morowali.

Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azam, menambahkan pihaknya berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam rangka memasuki era kendaraan listrik.

Baca Juga: Stok Baja dan Besi Menipis, Asosiasi Pengusaha Gruduk Kemenperin Soal Aturan Impor

"Kami terus memberikan dukungan nyata kepada pemerintah, dengan memperkuat kompetensi SDM Vokasi sebagai Center of Excellence yang menjadi elemen penting menjawab tantangan ekonomi dan industri, khususnya era elektrifikasi," ucap Bob.

Seperti diketahui, PT TMMIN sendiri merupakan perusahaan manufaktur yang hadir di Indonesia selama 50 tahun dan produk yang diekspor lebih dari 80 negara.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa