Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hyundai Motor Group Akan Bentuk Perusahaan Baru untuk Mengelola Pabrik Baterai Mobil Listrik Mereka di Indonesia

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 16 Desember 2022 | 19:48 WIB
Pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat
Wisnu/GridOto.com
Pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat

GridOto.com - Melihat pentinganya produksi baterai mobil listrik di Indonesia untuk ekspansi mereka di ASEAN, Hyundai Motor Group berencana untuk mendirikan Hyundai Energy Indonesia.

Hyundai Energy Indonesia akan menangani produksi battery pack untuk mobil listrik yang akan mengamankan pasokan baterai di pasar ASEAN.

Memang bukan rahasia umum kalau Hyundai Motor Group ingin menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil listrik mereka di kawasan ASEAN.

Untuk mendukung ambisi tersebut, Hyundai telah bekerjasama dengan LG Energy Solution untuk membangun pabrik baterai mobil listrik yang dibangun di Karawang, Jawa Barat.

Tentu saja, tujuannya agar mobil-mobil listrik Hyundai di Indonesia bisa memakai baterai 'made in Cikarang' tersebut sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih bersaing lagi.

Tidak hanya di Tanah Air, melainkan juga di negara-negara ASEAN lainnya yang menjadi tujuan ekspor mobil listrik mereka nantinya.

Karena Hyundai tidak lagi perlu membayar pajak ekspor negara-negara ASEAN lainnya untuk mobil listrik mereka selama tingkat lokalisasi di Indonesia tercapai.

"Dari pembangunan pabrik ini, ekosistem mobil listrik akan terwujud dengan sukses di Indonesia dengan pembentukan berbagai industri terkait," ujar Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group beberapa waktu lalu.

"Kedepannya, kami melihat Indonesia akan memiliki peran penting dalam pasar mobil listrik ASEAN," imbuhnya.

Baca Juga: Hyundai dan LG Mulai Pembangunan Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik di Karawang, Target Rampung Awal 2023

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : hyundaimotorgroup.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa