Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fasilitas Kredit Perbankan untuk Kendaraan Listrik Belum Maksimal, Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 18 Juli 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi. Kredit kendaraan listrik melalui perbankan masih belum maksimal hingga sekarang.
Radityo Herdianto/GridOto
Ilustrasi. Kredit kendaraan listrik melalui perbankan masih belum maksimal hingga sekarang.

GridOto.com - Sektor perbankan di Indonesia masih belum bisa maksimal dalam memberikan pembiayaan berupa kredit kendaraan listrik.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat sektor perbankan masih berasumsi kalau kendaraan listrik dianggap sebagai barang mahal.

Padahal pemerintah sudah menargetkan ada sebanyak 2 juta unit kendaraan listrik di Indonesia pada 2025 mendatang.

"Untuk itu butuh komitmen perbankan dan korporasi untuk mendukung pembiayaan kepada industri dan konsumen kendaraan listrik," jelas Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, dikutip dari channel YouTube Bank Indonesia.

Ia melanjutkan, dengan adanya pertemuan antara Bank Indonesia, pemerintah, dan pelaku industri kendaraan listrik, diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan bersama terkait pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Sekaligus agar sektor perbankan bisa semakin melirik dan mendukung kredit kendaraan listrik pada masa mendatang.

Terlepas dari pembiayaan, pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah air juga masih dihadapkan dengan sejumlah masalah.

Salah satu hal yang kerap bikin pemerintah dilanda dilema yakni menentukan antara percepatan produksi kendaraan listrik atau ketersediaan fasilitasnya terlebih dulu.

Menurut Moeldoko, jika produksi kendaraan listrik dibuat lebih masif lagi tapi charging station-nya belum siap ya akhirnya jadi masalah.

"Begitu juga kalau charging station dibangun di banyak tempat, tapi ekosistem kendaraan listrik belum berkembang dengan baik tentunya nanti jadi masalah juga," imbuhnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa