Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dukung G20, Bus Listrik Merah Putih Bakal Jadi Armada Transportasi di Bali

M. Adam Samudra - Senin, 18 Juli 2022 | 08:22 WIB
Kemenhub cek Bus Listrik merah putih
BKIP Kemenhub
Kemenhub cek Bus Listrik merah putih

GridOto.com - Kendaraan listrik berbagai model dipersiapkan sebagai alat transportasi selama Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Oktober 2022.

Beragam model itu nantinya datang dari berbagai jenis salah satunya yakni Bus Listrik Merah Putih (BLMP) buatan PT INKA dari Madiun, Jawa Timur.

Untuk memastikan pengerjaannya dapat selesai tepat waktu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun langsung mengecek progres pembangunan Bus Listrik Merah Putih (BLMP).

Menhub meminta PT INKA untuk mempercepat pembangunan, agar masih ada waktu untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebelum dapat digunakan.

“Kita harus perhitungkan bus ini dengan suatu standar keselamatan yang baik,” ujar Budi Karya melalui keterangan resminya, (18/7/2022)

Budi mengapresiasi PT INKA yang bekerja sama dengan Kementerian Ristekdikti dan sejumlah perguruan tinggi, dalam penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang lebih dari 50%.

“Ini akan membuka ruang kerja baru bagi produk dalam negeri dan juga kesempatan bagi para akademisi di perguruan tinggi untuk melakukan riset dan inovasi, yang selama ini hanya bisa dilakukan di luar negeri,” tutur Budi.

Apresiasi juga diberikan Budi kepada Kemenristekdikti yang telah mendukung pendanaan riset yang dituangkan dalam bentuk karya yang terhilirisasi, seperti halnya pembangunan bus listrik dalam negeri.

“Saat ini kita bangun 30 bus listrik dan ke depannya akan terus bertambah,” ucapnya.

Baca Juga: Transjakarta Berbenah, Kurang Dari Sepuluh Tahun Semua Armadanya Sudah Harus Pakai Bus Listrik

Sebagai informasi, produksi BLMP akan digunakan pertama kali untuk event G20 merupakan penugasan oleh Kemenristekdikti kepada konsorsium Perguruan Tinggi dan PT INKA (Persero).

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa