Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Lebaran 2022 Bakal Lebih Ramai Dari 2019, Astra Infra Siapkan Banyak Fasilitas di Jalan Tol, Ini Detailnya

Harun Rasyid - Rabu, 20 April 2022 | 16:45 WIB
Ilustrasi persiapan jalan tol Astra Infra untuk mudik lebaran 2022
Astra Infra
Ilustrasi persiapan jalan tol Astra Infra untuk mudik lebaran 2022

GridOto.com - Astra Infra selaku salah satu pengelola jalan tol di Tanah Air menyatakan siap melayani para pengguna jalan yang pergi mudik Lebaran 2022.

Mudik Lebaran 2022 dinilai akan sangat ramai karena pemerintah tidak memberikan larangan seperti dua tahun sebelumnya.

Kris Ade Sudiyono, CEO Toll Road Business Group Astra Infra, mengatakan ramainya antusias masyarakat dalam mudik Lebaran akan menimbulkan fenomena eventual windfall traffic meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Fenomena tersebut membuat puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi di H-3 dan H-2, sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada H+4 dan H+5," ujarnya dalam media gathering Astra Infra Group bertajuk Saatnya Kembali Berseri, Rabu (20/4/2022).

Menurut Kris, dalam momen mudik Lebaran 2022 juga diprediksi jika angka traffic kendaraan di jalan tol secara umum dapat melebihi tahun 2019.

"Hal ini terjadi mengingat bahwa panjangnya periode cuti bersama yang diputuskan pemerintah memungkinkan masyarakat untuk melakukan mudik antar kota
sekaligus silaturahmi lokal," jelasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Astra Infra sudah melakukan optimalisasi layanan operasional mapun infrastruktur jalan tolnya.

Gerbang Tol (GT) Cikopo-Palimanan (Cipali)
Dok. Astra Infra
Gerbang Tol (GT) Cikopo-Palimanan (Cipali)


Pengelola tol milik PT Astra International tbk ini mengklaim kalau delapan ruas tol mulai dari Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran-Serpong dan Kebon Jeruk-Ulujami telah siap siaga melayani pengguna jalan dan dalam kondisi baik.

Kesiapan tersebut meliputi kondisi jalan dan marka jalan hingga layanan serta fasilitas di Rest Area seperti tempat parkir, area komersial untuk UMKM, hingga toilet bersih.

Baca Juga: Buruan Daftar Program Mudik Motor Gratis Pakai Kereta Api, Simak Cara dan Syaratnya

Astra Infra juga melakukan penambahan toilet portable, prasarana yang ramah disabilitas, fasilitas ibadah, SPBU modular dan bengkel service ringan untuk digunakan para pemudik di jalan tol.

Sedangkan untuk kelancaran layanan transaksi di jalan tol, telah disiapkan tambahan Gardu Transaksi Tandem dan Mobile Reader.

Tapi meski berbagai fasilitas tol sudah dipersiapkan, Astra Infra mengakui jika kelancaran arus mudik maupun arus balik membutuhkan partisipasi dari pengguna jalan.

Maka dari itu, para pengguna jalan tol diharapkan merencanakan jadwal mudik dengan bijak, mempersiapkan diri dengan mengisi bahan bakar dan uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

Jajaran direksi Astra Infra
Astra Infra
Jajaran direksi Astra Infra

Selain itu para pemudik sebaiknya menghindari kepadatan di Rest Area yang mungkin terjadi.

Karena itu disarankan agar pengguna jalan bisa memanfaatkan fasilitas istirahat dan toilet di jalan arteri sebelum kemudian kembali ke jalan tol untuk meneruskan perjalanan.

Dengan cara itu, pengguna jalan tetap bisa mengembalikan kebugaran tubuh setelah berkendara di perjalanan mudik lebaran.

Astra Infra juga menyampaikan, tarif tol dihitung per kilometer sehingga pengguna jalan tidak perlu khawatir merugi bila akan keluar dan masuk tol di sepanjang perjalanan.

Dengan semua persiapan tersebut, Astra Infra optimis kalau mudik Lebaran 2022 dapat memberi efek baik bagi pulihnya aktivitas ekonomi, sosial dan budaya.

Nah buat sobat yang hendak berangkat mudik, jangan lupa perhatikan lagi kendaraannya, hati-hati serta patuhi rambu lalu lintas, dan tetap menjaga kondisi tubuh saat berkendara.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa