Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Dipaksakan Kalau Lelah Berkendara, Ini Titik Rawan Kecelakaan di Tol Batang-Semarang

Dia Saputra - Selasa, 19 April 2022 | 18:30 WIB
Suasana di Jembatan Kali Kuto, tol Batang-Semarang
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Suasana di Jembatan Kali Kuto, tol Batang-Semarang

GridOto.com - Arus lalu lintas di jalan tol saat momen mudik lebaran Idul Fitri 2022 atau 1443 Hijriah, diperkirakan lebih padat dari tahun sebelumnya.

Tidak sedikit pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, memilih jalan tol dibanding jalur biasa karena efektif dalam memangkas waktu perjalanan.

Adapun Tol Trans Jawa akan jadi salah satu ruas yang ramai dilalui pemudik dari Merak, Banten hingga ke Probolinggo, Jawa Timur.

Kanit Patroli Satlantas Polres Batang, Ipda Danang Primayanto, berpesan agar pemudik tetap berhati-hati dan istirahat di rest area apabila sudah lelah berkendara.

Selain itu, ia juga menyebut Tol Batang merupakan salah satu jalur yang rawan kecelakaan karena menjadi titik lelah pengguna jalan tol.

"Batang menjadi titik lelah karena berada di tengah-tengah antara Jakarta dan Surabaya," buka Danang dikutip dari TribunJateng.com.

"Kalau lelah istirahat di rest area KM 379 atau KM 360, dan jangan juga istirahat di badan jalan karena itu berbahaya," imbuhnya.

Lanjut menurut Danang, titik rawan kecelakaan di ruas Tol Batang-Semarang berada di KM 340 hingga KM 380.

Jalur tersebut juga masuk dalam pemetaan titik rawan kecelakaan lalu lintas oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Arus Lalu Lintas di Tol Semarang-Batang Diprediksi Naik Hampir Dua Kali Lipat

Terakhir adalah kecelakaan beruntun yang melibatkan bus, truk dan dua mobil pada 9 Maret 2022 lalu.

Selain berada di tengah-tengah, KM 340 hingga KM 380 juga memiliki kondisi jalanan lurus dan panjang, yang tak dipungkiri menstimulasi pengemudi untuk melaju dengan kecepatan tinggi.

Banyaknya kasus kecelakaan di KM 340 hingga KM 380 disebabkan human error atau faktor pengemudi yang mengalami kelelahan hingga mengantuk. 

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Jadi Titik Lelah, Inilah Lokasi Rawan Kecelakaan di Tol Batang-Semarang, Waspadalah!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa