Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Persiapan Mudik Lebaran 2022

Tinjau Langsung Kesiapannya, Kemenhub Rekomendasikan Pantai Selatan Jadi Rute Alternatif Mudik Lebaran 2022

M. Adam Samudra - Rabu, 20 April 2022 | 11:05 WIB
Jalur Pansela Jawa
Kompas.com
Jalur Pansela Jawa

GridOto.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merekomendasikan lintas Pantai Selatan (Pansela), sebagai jalur alternatif bagi pemudik ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Seperti disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono, yang memastikan sudah meninjau langsung kesiapan jalur Pansela jelang mudik Lebaran 2022. 

"Saya mengharapkan, paling tidak kalau bisa 20 persen pun bisa beralih ke Pansela. Maka beban di jalur tengah dan jalur pantura bisa sedikit lebih baik," kata Djoko melalui keterangan resminya, Rabu (20/4/2022).

Lanjut menurut Djoko, jaringan infrastruktur jalan dari Jakarta hingga Banjar Patroman terpantau baik.

Hanya saja terdapat titik pasar tumpah yang harus diwaspadai, karena berpotensi menimbulkan kemacetan.

Titik yang dimaksud adalah Pasar Limbangan dan Pasar Malangbong di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Mungkin saja nanti perlu dilakukan langkah-langkah untuk meminimalkan dampaknya terhadap gangguan lalu lintas, jadi ada pasar tumpah dan segala macam tadi kita temukan," kata Djoko.

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX, Denny Michels Adlan, mengungkapkan akan lakukan berbagai strategi untuk mengurai kemacetan di titik-titik yang berpotensi tersebut.

"Di Pasar Limbangan, rencana akan dilakukan kanalisasi berupa pemasangan water barrier dan traffic cone untuk sterilisasi angkot ngetem," tutur Denny dalam kesempatan yang sama.

"Begitu juga untuk tempat penyeberangan masyarakat khusus atau zebra cross, kemudian tergantung situasi akan diberlakukan one way sepenggal," ujarnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa