Kemenperin Berharap Emisi Gas Buang Turun 1,4 Juta Ton pada 2030

Naufal Shafly - Jumat, 26 November 2021 | 19:17 WIB
Ilustrasi emisi gas buang
Carscoops.com
Ilustrasi emisi gas buang

GridOto.com - Pemerintah merencanakan peralihan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik sebanyak 30 persen pada 2030 mendatang.

Menurut Sony Sulaksono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kementerian Perindustrian, kendaraan listrik di 2030 populasinya diperkirakan mencapai 28 juta unit.

Jika itu terjadi, maka hal ini akan turut berdampak pada meningkatnya kebutuhan lain, misalnya saja baterai yang menjadi komponen utama kendaraan listrik.

"Angka penjualan ini tentunya akan memberikan dampak pada peningkatan kebutuhan lithium-ion baterai sebesar 1,65 juta gigawatt, dan kebutuhan infrastruktur charging station sekitar 9,89 juta unit pada 2030," ucap Sony dalam seminar di IEMS 2021, Jumat (26/11/2021).

Lebih lanjut Sony mengatakan, Kemenperin memprediksi bahwa di 2030 nanti produksi mobil listrik dan bus listrik dalam negeri mencapai 600.000 unit.

Jika pertumbuhan kendaraan listrik sesuai dengan prediksi pemerintah, maka emisi gas buang di Tanah Air akan turun secara drastis di 2030 nanti.

"Angka tersebut dapat mengurangi konsumsi BBM sebesar 3 juta barrel dan menurunkan emisi Co2 sebesar 1,4 juta ton," ucap Sony.

"Diharapkan angka-angka ini dapat mendukung pemenuhan komitmen pemerintah Indonesia terkait emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada 2030 nanti," tutupnya.

Baca Juga: Throttle Body Kotor Bikin Emisi Gas Buang Tinggi? Ini Penjelasannya


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa