Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Regulasi Euro 7 Sedang Digodok, Mobil Konvensional dan Hybrid Akan Punah?

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 2 Juni 2021 | 14:20 WIB
Ilustrasi emisi gas buang
Carscoops.com
Ilustrasi emisi gas buang

GridOto.com - Populasi kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE) bisa mulai terpinggirkan seiring berkembangnya ekosistem kendaraan listrik.

Apalagi regulasi emisi gas buang yang ketat membuat pabrikan semakin melirik pengembangan mobil listrik di masa mendatang.

Ditambah dengan munculnya kabar Asosiasi Industri Mobil Eropa (ACEA) yang sedang meracik regulasi emisi gas buang Euro 7 yang super ketat.

Berdasarkan laporan dari Carscoops.com, pembahasan terkait regulasi Euro 7 dilakukan atas proposal yang diajukan oleh European Commission’s Consortium for Ultra Low Vehicle Emissions (Clove).

Baca Juga: Pemerintah Singapura Akan Terapkan Aturan Emisi Gas Buang Baru pada 2028, Pemilik Motor Lawas Dirugikan?

Dalam proposal yang diajukan Clove disebutkan beberapa poin yang kemungkinan besar bisa membuat populasi kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE), seperti mobil konvensional atau hybrid semakin berkurang.

"ACEA percaya bahwa regulasi emisi gas buang yang diajukan oleh Clove ditambah dengan standar pengujian yang baru, nantinya berujung pada pelarangan peredaran kendaraan yang menggunakan ICE, baik mobil konvensional maupun hybrid," sebut juru bicara ACEA, dikutip dari Carscoops.com.

ACEA pun memberikan sedikit penjabaran terkait proposal regulasi Euro 7 dari Clove, yang kemungkinan bisa berdampak pada punahnya populasi mobil konvensional dan hybrid di masa mendatang.

Mulai dari pabrikan yang akan dipaksa memasangkan katalis dengan pemanas elektrik.

Juga dua katalis konvensional berukuran 1.000 cc, filter partikel sebesar 2.000 cc dan katalis khusus amonia di mobil konvensional dan hybrid.

Baca Juga: Begini Sejarah Standar Emisi Gas Buang di Tanah Air, Mulai Ikut Standar Euro Sejak Tahun 2000-an

Editor : Dida Argadea
Sumber : Carscoops.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa