Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Menko Luhut Optimis, Target Populasi Motor Listrik Sebanyak 2 Juta Unit Akan Terwujud pada 2025

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 22 April 2021 | 18:10 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Bisnar Pandjaitan saat mencoba motor listrik
Adam Samudra
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Bisnar Pandjaitan saat mencoba motor listrik

GridOto.com - Pemerintah terus mendorong pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Tanah Air, guna menekan angka emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan konvensional.

Hal tersebut didukung dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa pemerintah menargetkan akan ada 2 juta unit sepeda motor listrik di Tanah Air hingga 2025 mendatang.
 
"Pemerintah menargetkan 2 juta unit KBLBB roda dua di Indonesia pada tahun 2025," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual Grab Langkah Hijau, Kamis (22/04/2021).

Baca Juga: Kementerian ESDM Klaim Tarif Pengisian Daya Kendaraan Listrik Paling Murah Setelah China, Ini Alasannya

Lebih lanjut, Luhut pun optimis target tersebut dapat tercapai dan harapannya masyarakat Indonesia secara bertahap bisa beralih ke gaya hidup yang lebih berkelanjutan dengan menggunakan kendaraan listrik.

Optimisme yang dilontarkan Luhut juga bukan tanpa alasan, lantaran adanya komitmen dari swasta seperti Grab dengan program langkah hijau untuk membangun ekosistem transportasi berkelanjutan menggunakan armada kendaraan berbasis listrik.

"Saya yakin target itu bisa tercapai, dan Presiden ingin melihat Indonesia menjadi lebih ramah serta lebih hijau lagi," papar Luhut.

"Kami menyambut baik program langkah hijau yang mengajak masyarakat beralih ke gaya hidup yang lebih berkelanjutan dengan menggunakan kendaraan listrik," sambungnya.

Menko Luhut membeberkan, Grab merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi yang menggunakan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Menhub Targetkan 2030 Kendaraan Listrik Dipakai Banyak Orang

"Sejak perencanaan dan pencangan roadmap ekosistem kendaraan listrik, hari ini Grab merupakan operator dengan jumlah terbesar KBLBB di Indonesia dengan armada transportasi roda dua berjumlah lebih dari 7.500 unit," ungkap Luhut.

Maka dari itu, ia pun mengajak masyarakat dan penyedia transportasi lainnya turut menggunakan kendaraan listrik untuk menjadi bagian dari misi pemerintah Indonesia.

"Grab sudah memainkan peran untuk ini, saya mengundang teman-teman yang lain bahu-membahu untuk kita bisa zero emisi dari apa yang kita targetkan sekarang," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa