Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Kemenperin Dukung Langkah Toyota Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Bali

Naufal Shafly - Kamis, 1 April 2021 | 13:05 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kiri) meresmikan acara Toyota EV Mobility Project di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/3).
Istimewa
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kiri) meresmikan acara Toyota EV Mobility Project di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/3).

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung pelaksanaan pilot project dan studi komprehensif yang dilakukan Toyota mengenai penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, khususnya di lokasi pariwisata.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Toyota berkomitmen untuk melakukan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di wilayah Nusa Dua, Bali, dengan project yang mereka beri nama EV Smart Mobility.

Menurut Menperin, upaya ini akan berkontribusi pada pembangunan total value chain kendaraan listrik serta mempercepat industrialisasi kendaraan listrik di tanah air.

"Misalnya, yang dilaksanakan di Bali ini merupakan satu langkah strategis menciptakan pasar dalam negeri, membangun ekosistem kendaraan listrik, sekaligus mempromosikan EV Ecotourism, yang akan mendukung daya tarik wisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran resminya, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Genap Berusia 50 Tahun, Toyota Bangun Ekosistem Mobil Listrik di Nusa Dua Bali

Pada kesempatan ini, Menperin turut didampingi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier, serta turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

"Kehadiran kami di sini karena merupakan momen yang sangat penting sekaligus membuktikan bahwa sektor manufaktur dan pariwisata berjalan dengan sinergi dalam upaya memacu pemulihan ekonomi nasional,” tutur Agus.

Ia optimistis, pelaksanaan proyek percontohan tersebut akan ikut berperan mendukung upaya pemerintah dalam memopulerkan kendaraan listrik, serta mengakselerasi program percepatan pengembangan kendaraan listrik sesuai amanat Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

”Bahkan, membantu pemerintah dalam mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29 persen dari business as usual dengan upaya sendiri pada tahun 2030,” tegasnya.

Baca Juga: Kemenperin Menyetujui Mobil Baru 1.500-2.500 cc Dapat Diskon PPnBM 50 Persen, Berlaku Mulai Bulan Depan

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa