Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenperin Angkat Bicara Soal Industri Bus Indonesia Saat Pandemi, Ada Hasil Positif?

Harun Rasyid - Jumat, 5 Februari 2021 | 16:39 WIB
Ilustrasi deretan bus di pameran kendaraan komersial tahun lalu
F. Yoshi / Otomotif
Ilustrasi deretan bus di pameran kendaraan komersial tahun lalu

GridOto.com - Saat Pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia tahun lalu, bisnis sejumlah pihak yang berkecimpung dalam industri bus cukup terpukul.

Selain itu, kebijakan pemerintah dalam transportasi umum di masa pandemi Covid-19 semisal penyetopan operasi bus sementara, imbauan larangan mudik hingga penerapan protokol kesehatan, membuat minat para pengguna bus sempat menurun.

Namun menurut Taufiek Bawazier selaku Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), industri bus dalam negeri dianggap masih mampu bertahan di saat Pandemi Covid-19.

"Penjualan bus di Indonesia mampu bertahan di dalam persaingan global. Untuk jumlah produksi bus di Indonesia tahun 2018 mencapai 3.460 unit, 2019 sebanyak 3.275 unit dan saat pandemi tahun 2020 kita masih mampu memproduksi bus sebanyak 2.075 unit," ujarnya dalam webinar Busworld Southeast Asia, Selasa, (2/1/2021).

Baca Juga: Kemenperin, Asosiasi dan Karoseri Beberkan Plus Minus Bus Listrik di Indonesia Saat Ini, Masih Banyak PR?

Taufiek menyebut, masih ada sisi positif dari jumlah produksi kendaraan komersial lainnya di tahun 2020.

"Produksi Kendaraan komersial seperti pick up di 2019 itu mencapai 146 ribu unit lebih, tahun 2020 produksi pick up mencapai 95.285 unit. Produksi truk di 2019 tercatat 91.757 unit, di tahun 2020 mencapai 41.379 unit," sebutnya.

"Yang menarik jika melihat datanya, total kendaraan niaga dibanding penumpang tahun 2019 persentasenya hanya 17 persen. Sedangkan di era Covid-19, meningkat jadi 20 persen. Artinya market kendaraan niaga menguat dibanding total produksi otomotif nasional," sambung Taufiek.

Ilustrasi Fasilitas perakitan bus
Kompas.com
Ilustrasi Fasilitas perakitan bus


Ia mengatakan, perubahan struktur pasar kendaraan niaga di Indonesia akan terus didukung oleh pihaknya lewat kebijakan dan asosiasi.

"Saya harap asosiasi ASKARINDO dan IPOMI agar terus mendorong anggotanya untuk terus berinovasi terutama melalui saluran digital. Apalagi saat ini Indonesia telah menerapkan Making Indonesia 4.0 dengan 7 prioritas sektor di antaranya transportasi sebagai penghela ekonomi nasional," kata Taufiek.

Baca Juga: Ogah Ambruk dan Dilupakan, Asosiasi Bus Ceritakan Perjuangan Pengusaha Bus Saat Pandemi Covid-19 Sepanjang Tahun

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa