Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Detail United E-Motor T1800, Motor Listrik Lokal Yang Bertabur Fitur Canggih

Harry - Minggu, 13 Desember 2020 | 09:30 WIB
Motor listrik United T1800 resmi diluncurkan
Naufal Shafly/GridOto.com
Motor listrik United T1800 resmi diluncurkan

GridOto.com-Merek lokal yang memproduksi dan menjual motor listrik di Indonesia semakin bertambah, setelah PT Terang Dunia Internusa (TDI) menghadirkan United E-Motor T1800 hari Sabtu (12/12/2020) kemarin.

Buat yang belum tahu, TDI dikenal sebagai produsen sepeda dengan merek sepeda United Bike. Nah, kini mereka merambah pasar motor listrik nasional lewat divisi United E-Series.

Sebenarnya pada pameran kendaraan listrik beberapa waktu lalu, United E-Motor sudah punya beragam produk motor listrik loh, tapi yang akhirnya dikenalkan resmi pertama kali adalah T1800.

(Baca Juga: Andalkan Penjualan Secara Online, Segini Target Motor Listrik United T1800)

United E-Motor T1800
F. Yosi/Otomotif
United E-Motor T1800

Sebagai produk motor listrik pertamanya, harga jual T1800 dipatok Rp 27 juta dan untuk saat ini hanya tersedia untuk area Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi saja.

Tapi tenang, enggak lama lagi penjualan motor listrik United E-Motor T1800 juga akan merambah kota-kota lainnya kok. Nah, sekarang mending kita simak langsung apa istimewanya motor listrik ini.

Desain
Futuristis! Iya itu kesan pertama saat melihat motor listrik ini, terlebih dipadu dengan warna black doff yang memberi kesan misterius. Garis bodinya penuh lekukan tajam.

(Baca Juga: Motor Listrik United T1800 Resmi Diluncurkan, Baterainya Bisa Enggak Swap Pakai Merek Lain?)

Fascia depannya agresif dengan lampu ganda yang meruncing, serta LED DRL ditiap sisinya yang membuatnya seperti taring. Bagian tengah motor terdapat pemisah dek yang menjadi posisi baterai dari T1800.

Bentuk jok ala single seater nampak sport, meski rasanya akan mengorbankan kenyamanan pembonceng karena area duduk yang sangat sempit. Desain bodi belakang terlihat tebal dan lebar.

United E-Motor T1800
F. Yosi/Otomotif
United E-Motor T1800

Menariknya nyala lampu belakang dengan Y-shape, mengingatkan desain lampu dari supercar Lamborghini. Sedang di tengah juga terdapat ornamen lampu dengan taburan titik LED.

Secara desain sudah cukup keren, hanya bagian windscreen yang jika dilihat dari samping posisinya terlalu menonjol. Lalu ukuran pelek 12 inci yang dipakai sedikit kurang proporsional, meski secara desain sudah keren.

(Baca Juga: Motor Listrik United T1800 Resmi Diluncurkan, Garis Desain Mirip Yamaha NMAX, Harga Beda Tipis dari Gesits!)

Fitur dan Teknologi
Dalam presentasi produknya, pihak TDI mengklaim kalau motor listrik buatannya punya fitur dan teknologi yang lebih baik dari kompetitornya. Hmmm...Ada apa saja ya?

Pertama seluruh lampu sudah pakai teknologi LED. Spidometer sudah full digital dengan tampilan yang ringkas, isinya ada spidometer, indikator baterai, indikator speed mode, odometer dan indikator suhu motor listrik.

Lampu depan United E-Motor T1800
F. Yosi/Otomotif
Lampu depan United E-Motor T1800

Speed moda ada 3, yang masing-masing membatasi kecepatan maksimal 50 km/jam, 60 km/jam dan 65 km/jam. Ada mode Turbo yang menambah boost power untuk melaju sampai 70 km/jam.

Lalu ada Reverse Mode untuk memundurkan motor listrik ini. Start/Stop Engine untuk menghidupkan tanpa perlu memasukkan anak kunci. Cukup tekan tombol yang posisinya ada di tengah setang.

(Baca Juga: Harga Motor Listrik Ini Lebih Murah dari Honda BeAT, Bodinya Gambot Mirip Yamaha XMAX, Siap Diajak Touring)

Kemudian ada speaker untuk koneksi Bluetooth untuk mendengarkan musik dari smartphone, FM Radio dan suara seperti raungan mesin yang akan terdengar semakin kencang saat tuas akselerator diputar.

Uniknya volume suara ala motor mesin bakar ini bisa diatur lewat tombol volume yang letaknya ada di dek sebelah kiri bawah setang. Jadi motor listrik T1800 ini bisa bersuara loh hehehe...

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa