Naksir Motor Listrik Viar New Q1? Ini 3 Hal Yang Harus Diperhatikan

Harry - Senin, 21 Oktober 2019 | 17:00 WIB
Viar New Q1
Rizky/Gridoto.com
Viar New Q1

GridOto.com - Motor listrik sekarang ini sudah mulai banyak pemainnya, salah satunya adalah Viar, merek lokal yang sudah punya produk motor listrik bernama New Q1.

Dijual dengan harga Rp 18,95 juta, motor ini sudah legal untuk digunakan di jalan raya karena dilengkapi dengan surat-surat kendaraan.

Jika Anda tertarik membeli motor listrik ini untuk aktifitas harian, perhatikan dulu 3 hal berikut ini sebelum memboyongnya kerumah, yuk.

(Baca Juga: Naik Motor Listrik Viar New Q1 di Jalan Raya, Bikin Deg-Degan Sob)

Dimensi

Motor listrik ini punya dimensi yang terbilang imut, bahkan lebih imut dari skutik low end semacam Honda BeAT, Yamaha Mio M3 atau Suzuki Nex II.

Ukurannya yang cuma 1.680 mm x 690 mm x 1.220 mm (PxLxT) bakal terasa kurang pantas untuk rider dengan tinggi badan lebih dari 170 cm.

Viar New Q1 buat harian
Rizky/Gridoto.com
Viar New Q1 buat harian


Jika tetap memaksa, pastinya posisi berkendara jadi enggak nyaman. Solusinya harus duduk agak mundur ke belakang dengan resiko enggak bisa buat boncengan.

Jika dipaksa berboncengan dengan 2 orang dewasa, jok yang enggak terlalu panjang enggak muat untuk menampung 2 orang dewasa sekaligus.

Lain cerita jika motor dipakai untuk pengendara dengan postur tak lebih dari 160 cm dan untuk berboncengan dengan anak kecil, akan terasa pas.

(Baca Juga: Sambut Hari Sumpah Pemuda, Viar 'Banting Harga' Cross X 150 CC)

Baterai

Meski punya 2 buah slot baterai, nyatanya saat beli Viar New Q1 hanya mendapatkan 1 buah baterai karena baterai kedua dijual terpisah.

Banderol baterai lithium-ion yang dipakai ini lumayan mahal loh, Rp 6,5 juta dengan charging cycle sampai 1.000 kali.

Tapi wajar karena baterai ini jadi lebih canggih, dengan battery management system (BMS) untuk menjaga suhu, tengangan listrik secara akurat.

Baterai Viar New Q1
Agus Salim/Gridoto.com
Baterai Viar New Q1


Spesifikasinya juga naik menjadi 60v 23ah, sedangkan baterai Viar Q1 yang lama itu 60v 20ah. Lumayan ada peningkatan.

Terus pengisian daya baterai dari kosong sampai penuh juga lebih cepat, cuma 4-5 jam saja. Yang lama butuh waktu 6-8 jam.

Nah yang patut diingat, saat mau mengisi ulang daya atau melepas baterai, jangan lupa matikan saklar pengaman ke posisi OFF.

(Baca Juga: Deg-Degan, Begini Sensasi Naik Motor Listrik Viar New Q1 Untuk Harian)

Jarak Tempuh

Diklaim bisa menjelajah sampai 120 km, tapi karena saat beli hanya dapat 1 buah baterai, maka jarak tempuhnya terbatas 60 km saja.

Itu pun jarak maksimal yang bisa ditempuh, juga bergantung dengan kondisi jalan, kecepatan, dan bobot pengendaranya.

Spidometer Viar New Q1
Rizky/GridOto.com
Spidometer Viar New Q1


Semakin sering stop & go, melewati jalan yang menanjak dan melaju sampai kecepatan maksimal, daya baterai akan lebih cepat habis loh.

Tapi misal jarak rumah ke kantor 30 km, masih cukup tapi daya yang tersisa akan kurang dari 50%, jadi sebaiknya langsung lakukan pengisian ulang.

Untungnya baterai Viar New Q1 ini bisa dilepas dari motor, jadi lebih praktis sewaktu mau mengisi ulang daya baterai.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa