Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Naik Motor Listrik Viar New Q1 di Jalan Raya, Bikin Deg-Degan Sob

Harry - Rabu, 16 Oktober 2019 | 12:34 WIB
Viar New Q1 buat harian
Rizky/Gridoto.com
Viar New Q1 buat harian

GridOto.com-Motor listrik garapan PT Triangle Motorindo dengan merek Viar New Q1 tampil dengan wajah dan teknologi baru nih bro.

Motor listrik ini jadi semakin canggih dengan banyak pembaruan diberbagai sektor. Kita juga sudah mencoba langsung motor ini loh.

Enggak cuma di area terbatas, tapi juga dipakai untuk riding di jalan raya untuk aktifitas sehari-hari. Wah, ternyata seru banget hehehe...

Seperti apa sensasi mengendarai motor listrik seharga Rp 18,95 juta ini? Yuk disimak ulasannya.

(Baca Juga: Deg-Degan, Begini Sensasi Naik Motor Listrik Viar New Q1 Untuk Harian)

Desain
Masih mempertahankan desainnya yang membulat dan dimensi imutnya, New Q1 ternyata juga mendapatkan update tampilan dibeberapa bagian loh.

Misalnya bentuk lampu depan yang sedikit lebih tebal, dan dibuat menonjol keluar. Di dalam lampunya terdapat 3 buah lensa proyektor.

Lalu ukuran sepakbor depan dibuat lebih gondrong, sampai menutupi bagian atas roda, menambah kesan padat di bagian depan.

Area setang kini model telanjang, enggak pakai cover lagi seperti generasi sebelumnya. Alhasil bentuk spidometer pun ikut berubah.

Spidometernya punya bentuk lebih ringkas dan sudah full digital bergaya negatif display dengan latar berwarna gelap.

Tampak samping New Viar Q1 yang diluncurkan di GIIAS 2019.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Tampak samping New Viar Q1 yang diluncurkan di GIIAS 2019.

Kemudian bentuk footstep pembonceng sekarang lebih rapi, dan untuk menggunakannya cukup didorong pakai tumit kaki, langsung keluar.

Lanjut bodi belakang yang masih terlihat gemuk, kini dikasih lampu yang punya bentuk menyudut di kedua sisinya yang juga sebagai lampu sein.

Bentuk lampu belakang ini sekilas agak kurang matching dengan lekuk bodinya yang chubby nih, tapi ya selera sih.

(Baca Juga: Makin Lengkap, Motor Listrik Viar New Q1 Punya Fitur-Fitur Baru Nih)

O iya, seluruh lampu-lampu di motor ini sudah pakai LED jadi lebih terang, kecuali lampu rem yang ternyata masih pakai bohlam.

Ubahan lainnya adalah desain pelek nih, sekarang model palangnya tipis-tipis dengan labur warna hitam.

Teknologi & Fitur
Seperti yang sudah disebutkan, kalau motor listrik Viar New Q1 ini punya update teknologi dan fitur loh. Yuk diabsen ada apa saja.

Pertama ada emergency throttle position, sebagai tombol untuk menggerakkan motor secara darurat ketika tuas gas yang asli rusak.

Tombol darurat dan parkir di Viar New Q1
Rizky/GridOto.com
Tombol darurat dan parkir di Viar New Q1

Jadi motor masih bisa melaju sampai kembali ke rumah. Tombolnya ada di kanan setang dengan logo kunci pas, sejajar dengan tombol parkir (P).

Kemudian ada tombol P (parking), untuk menjaga kendaraan supaya enggak bisa dijalankan saat posisi parkir.

Fitur ini jelas untuk mencegah motor loncat atau langsung bergerak, ketiga tuas gas enggak sengaja diputar.

Untuk me-release tombol parkir ini, tekan tombol P yang lama, sampai di spidometer muncul tulisan READY dan huruf P berganti jadi angka 00.

(Baca Juga: Bikin Panik, Motor Listrik Viar Q1 di STNK Kok Tertulis 800 cc?)

Kemudian ada fitur keyless, jadi buat menggunakan motor enggak memerlukan kunci lagi. Cukup tekan tombol di remote kuncinya saja tuh.

Juga ada alarm yang diaktifkan lewat remote. Kalau alarm aktif, dan berbunyi, roda belakang bakal otomatis terkunci loh. Jadi aman dari maling nih.

Viar New Q1 juga dilengkapi dengan 2 mode berkendara yang bisa memberikan performa berbeda-beda, tuasnya ada di setang sebelah kanan.

Tombol emergency di Viar New Q1
Agus Salim/Gridoto.com
Tombol emergency di Viar New Q1

Mode 1 motor bisa melaju dengan kecepatan maksimal sampai 40 km/jam, dengan akselerasi yang tergolong smooth.

Mode 2 kecepatan puncak bisa sampai 60 km/jam, dengan akselerasi yang lebih responsif, khususnya saat pertama kali jalan dari posisi diam.

Terus motor listrik ini bisa menampung sepasang baterai lithium ion, dengan kapasitas tiap baterai sebesar 60 volt 23 ampere.

(Baca Juga: Makin Lengkap, Motor Listrik Viar New Q1 Punya Fitur-Fitur Baru Nih)

Dengan sepasang baterai tadi, Viar New Q1 diklaim mampu menempuh jarak sampai sejauh 120 km. Lumayan jauhkan?

Eh tapi jarak yang ditempuh bisa kurang dari itu tergantung pada bobot pengendara, kondisi jalan (tanjakan) dan kecepatan si motor.

Dan meski ada 2 buah slot baterai, saat membeli motor listrik ini kalian hanya dapat 1 buah baterai. Baterai 1 lagi harus dibeli terpisah.

Baterai Viar New Q1
Agus Salim/Gridoto.com
Baterai Viar New Q1

"Jadi kalau baterai pertama sudah habis, kita tinggal pindahkan soket ke baterai kedua, motor langsung bisa jalan lagi," ujar Franky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo.

Baterai New Q1 didukung teknologi Battery Management System (BMS), yang bertugas memantau tegangan, arus listrik dan suhu baterai secara bersamaan.

Setiap baterai ini punya life time sampai dengan 800-1000 cycle (pengecasan ulang). Dengan waktu pengisian daya 4-5 jam.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa