Ini Alasan Kenapa Sok Ohlins Punya Posisi Tabung Berbeda Atau Terpisah

Muhammad Farhan - Rabu, 10 Juni 2020 | 20:40 WIB
Shockbreaker Ohlins
Thio Pahlevi
Shockbreaker Ohlins

GridOto.com – Baru tahu, ternyata ini alasan mengapa sokbreker keluaran Ohlins punya posisi tabung sok yang berbeda atau dibuat secara terpisah.

Bukan hiasan, tabung sok berfungsi mengatur cepat lambatnya naik turun sokbreker supaya bisa meredam guncangan lebih baik dari sok biasa.

Punya prinsip yang sama, lalu apakah ada perbedaan fungsi antara tabung sok yang letaknya di atas, di bawah atau terpisah?

“Tidak ada perbedaan. Letak tabung sok ini dibedakan agar sokbreker bisa terpasang plug and play sesuai tipe motor tanpa perlu ada penyesuaian,” ujar Eddy Saputra, Direktur PT Sena Autopart, distributor resmi Ohlins Indonesia.

Baca Juga: Standar Tengah Macet Jangan Diketok Sembarangan, Bisa Rusak Banyak!

Penyesuaian yang dimaksud adalah perlu ada bodi atau komponen di motor yang dipotong atau diganti supaya sokbreker bisa terpasang.

Seperti contohnya adalah sokbreker Ohlins Yamaha NMAX lawas yang punya tabung di bawah, dan Yamaha NMAX baru dengan tabung di atas.

Shock Ohlins jadi penopang bagian belakang
RS27 Motoshop
Shock Ohlins jadi penopang bagian belakang

Atau Yamaha XMAX yang punya tabung di atas namun dengan posisi tabung yang sedikit menekuk keluar dari bodi motor.

“Sedangkan tabung terpisah biasanya ada di motor tipe sport dengan model monoshock. Letaknya terpisah karena tidak ada ruang di area sokbreker jika tabung dibuat menyatu,” lengkapnya.

Baca Juga: Cegah Helm Lecet Saat Pakai Tas Helm, Pakai Bahan Ini Yang Aman!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa