Inilah Motor Listrik Roda Tiga Bernama Gelis Alias Gerobak Listrik, Diapresiasi Kemenperin Lho

Naufal Shafly - Rabu, 10 Juni 2020 | 12:20 WIB
Putu Juli Ardika, Direktur IMATAP Kemenperin, mencoba motor listrik roda tiga Gelis.
Istimewa
Putu Juli Ardika, Direktur IMATAP Kemenperin, mencoba motor listrik roda tiga Gelis.

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi produksi Gerobak Listrik (Gelis), garapan PT Solar Panel Indonesia (SPI).

Menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, ini merupakan geliat positif dari pelaku industri di tanah air, meskipun masih menghadapi tekanan berat akibat pandemi Covid-19.

“Produksi Gelis ini menunjukkan wujud nyata partisipasi pengembangan kendaraan listrik oleh pelaku usaha,” kata Putu Juli Ardika dalam keterangan resminya, Senin (8/6).

Menurutnya, pengembangan Gelis ini dapat memberikan pilihan lebih luas kepada masyarakat, yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung kegiatan mereka.

Baca Juga: Sambut New Normal, GAIKINDO Apresiasi Kemenperin yang Terbitkan IOMKI

Selain itu, penggunaan Gelis ini dinilai lebih efisien dan ramah lingkungan, sesuai dengan amanat Presiden lewat Perpres nomor 55 tahun 2019.

“Hal ini juga dapat mendukung pengembangan industri kendaraan roda tiga, serta industri komponen dan kegiatan usaha yang terkait,” jelasnya.

Gelis, motor roda tiga yang namanya diambil dari singkatan Gerobak Listrik.
Istimewa
Gelis, motor roda tiga yang namanya diambil dari singkatan Gerobak Listrik.


Selanjutnya, Kemenperin mengaku siap menfasilitasi dan membantu kolaborasi berbagai pihak, untuk mengembangkan bisnis model dan pengembangan ekosistem pemanfaatan dari motor listrik ini.

“Kami pun berharap PT Solar Panel Indonesia dapat terus berperan aktif dalam peningkatan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sehingga akan memberikan sumbangsih pada peningkatan daya saing industri otomotif di Indonesia ke level selanjutnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Hingga Pertengahan April 2020, Ekspor Industri Otomotif masih Positif di Mata Kemenperin. Segini Angkanya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dida Argadea

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa