Keren! AMMDes Dimodifikasi Jadi Mobil Penyemprot Disinfektan, Kemenperin Minta Terus Diproduksi

Naufal Shafly - Minggu, 19 April 2020 | 17:05 WIB
AMMDes Water Tank dipakai untuk menyemprot cairan disinfektan.
Istimewa
AMMDes Water Tank dipakai untuk menyemprot cairan disinfektan.

GridOto.com - Kemenperin mendorong PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) untuk terus mengembangkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini.

Misalnya saja memodifikasi AMMDes menjadi mobil penyemprot disinfektan, untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Kami sangat mengharapkan AMMDes-KMW dapat menyediakan beragam kemudahan bagi masyarakat pedesaan, termasuk ikut berperan dalam percepatan penanganan Covid-19 di Tanah Air,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, dalam keterangan resminya, Minggu (19/4/2020).

Putu menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi kepada KMWI selaku produsen AMMDes, karena telah berhasil merancang AMMDes Water Tank sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan.

Baca Juga: Kemenperin Sebut Ambulans AMMDes Sangat Penting Bagi Warga Lebak. Jadi Tempat Ibu Melahirkan, Anaknya Dinamai AMMDes

Unit multifungsi ini dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

“Kami optimis, AMMDes Water Tank ini mampu menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan kendaraan besar untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” tuturnya.

Dengan keunggulan AMMDes yang menggunakan differential lock, serta penggunaan ban yang bisa disesuaikan dengan kontur medan yang akan dilalui, diyakini AMMDes bisa menjangkau wilayah yang selama ini sulit terjangkau.

“Meski demikian, dalam pengoperasian unit AMMDes untuk disinfektan kami mengimbau dan terus mengingatkan agar dilakukan secara efektif, efisien dan memberi manfaat maksimal,” tegas Putu.

Baca Juga: Laris Manis! Orang Terkaya di Afrika Pesan 10 Ribu Unit AMMDes

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa