Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan Suzuki


suzuki New Ignis

Jalan di Kota Besar Tidak Selalu Mulus, Ini Tips untuk Memilih Kendaraan yang Tepat

Nana Triana - Kamis, 23 April 2020 | 10:58 WIB
Ilustrasi : Padatnya jalanan, sehingga membutuhkan kendaraan yang mampu bermanuver dan lincah.
DOK Shutterstock
Ilustrasi : Padatnya jalanan, sehingga membutuhkan kendaraan yang mampu bermanuver dan lincah.

Luas, mulus, dan modern. Begitulah kira-kira gambaran umum yang terbayang di benak pengendara ketika menyebut jalan-jalan di kota besar Indonesia. Namun, kenyataannya berkendara di jalan-jalan kota besar tidak selalu menyenangkan.

Survei kepuasan pengendara yang dilakukan aplikasi navigasi Waze pada 2017 menyebut, Indonesia masih memiliki kota-kota besar yang tidak ramah pengendara. Salah satunya Jakarta.

Pada survei tersebut ketidaknyamanan dinilai berdasarkan enam faktor yaitu kondisi lalu lintas, keselamatan, fasilitas pendukung seperti pompa bensin dan lahan parkir, hingga faktor alam dan kualitas jalanan.

Kemacetan seringkali terjadi sehingga terkadang pengendara harus pandai-pandai mencari jalan alternatif yang tidak selalu mudah untuk dilalui. Terutama bagi pengendara mobil. Terkadang sempit dan memerlukan manuver sulit.

Baca Juga: Yuk Intip Ubahan Apa Saja yang Ada Pada Suzuki Ignis Facelift

Selain itu kontur jalan pun tidak selalu mulus, terutama ketika musim hujan datang. Genangan kerap membuat jalan berlubang. Belum lagi ditambah dengan datangnya bencana banjir

Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi  kaum urban, mengingat mobilitas yang tanpa hambatan menjadi penting untuk mengimbangi ritme hidup yang begitu dinamis.

Oleh sebab itu, dibutuhkan tipe mobil yang tepat untuk membantu  kemudahan mobilisasi. Salah satunya mobil bertipe urban SUV. Berikut rangkuman beberapa keunggulan urban SUV untuk Sobat GridOto. 

1. Nyaman dan mudah bermanuver di segala medan

Urban SUV merupakan tipe mobil anyar yang muncul lebih kurang tiga tahun lalu. Mengutip dari Kompas.com, Yannes Martinus Pasaribu, pemerhati desain otomotif dari Institut Teknologi Bandung mengatakan urban SUV berada di antara crossover dan SUV.

Baca Juga: Bingung Pilih Warna Mobil? Coba Intip 9 Warna Kece dari Suzuki New Ignis

Dimensinya lebih kompak layaknya city car, tetapi mengadopsi beberapa karakter SUV seperti roda yang besar dan suspensi yang nyaman untuk segala medan. Bisa dikatakan city car yang dibangun dengan karakter off-road.

Adopsi karakter SUV inilah yang membuat urban SUV lebih nyaman ketika dibawa bermanuver di segala medan. 

2. Irit Bahan Bakar

Mobil berjenis urban SUV didesain secara aerodinamis sehingga mobil dapat melaju secara konstan. Tidak hanya itu urban SUV menggunakan mesin kompak agar konsumsi bahan bakar jauh lebih irit dan efisien.

Meskipun begitu mobil urban SUV tetap memiliki tenaga yang mumpuni khususnya saat bermanuver di tengah perkotaan yang padat.

Baca Juga: Tunjang Mobilitas Kaum Urban yang Dinamis, Suzuki Hadirkan New Ignis

3. Ground clearance lebih tinggi

Saat ini usai hujan dengan intensitas sedang dan tinggi, genangan begitu cepat muncul di jalan-jalan ibu kota. Menerobos genangan air membawa risiko pada mobil yang kita kendarai.

Salah satunya adalah water hammar. Kondisi di mana air masuk ke dalam mesin, khususnya di ruang bakar. Jika ini terjadi mesin dapat mengalami kerusakan.

Jika dibandingkan city car, urban SUV memiliki ground clearance yang lebih tinggi sehingga risiko tersebut dapat dihindari.

Misalnya saja seperti seperti Suzuki New Ignis yang memiliki high ground clearance 180 milimeter yang memungkinkan bermanuver ditengah padatnya jalanan ibu kota.

 Baca Juga: New Ignis, Pilihan Tepat Kaum Urban yang Kaya Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Selain itu tingginya ground clearance juga membuat mobil in bisa mampu melibas berbagai kondisi kontur jalan bahkan genangan air sekalipun.

Mobil dengan tagline The New Breed of Urban SUV ini juga punya fitur keamanan aktif dan pasif. Suzuki New Ignis sudah dilengkapi sabuk keamanan dengan pretensioner, dual supplemental restraint system (SRS) Airbag, Side Impact Beam, dan ISOFIX untuk pengait kursi anak-anak (child seat).

Fitur keamanan pasif ini berfungsi untuk mencegah cedera serius bila terjadi kecelakaan. Satu lagi, New Ignis juga dilengkapi teknologi Immobilizer. Dengan sistem ini, mesin mobil tidak akan hidup bila tidak menggunakan kunci asli yang sudah terprogram komputer.

Tidak hanya itu SUV kompak ini ditunjang dengan struktur sasis menggunakan platform HEARTECT. Struktur sasis berbeda dengan sasis pada umumnya.

Baca Juga: Suzuki Ignis Facelift Akhirnya Resmi Diluncurkan, Harga Mulai Rp 171 Juta!

Biasanya, sasis mobil dibagi enam bagian dengan strength steel di bagian depan saja. Sementara, platform HEARTECT andalan Suzuki hanya dibagi tiga bagian, yakni tengah, kanan, dan kiri.

Tiap bagian tersebut menggunakan bahan high strength steel yang dapat meminimalisasi efek kecelakaan. Bila terjadi kecelakaan, energi akibat benturan tersebar secara merata ke seluruh bagian.

Platform HEARTECT tersebut juga membuat pengendara makin nyaman saat bermanuver. New Ignis memiliki bobot sasis lebih ringan hingga 30 kilogram atau 10 persen dibandingkan sasis standar. Kemampuan handling-nya pun meningkat.

Baca Juga: Suzuki Ignis Facelift Ternyata Pakai Warna Baru, Ini Detailnya

Saat berkendara di jalanan menanjak dan berkelok, New Ignis akan lebih mudah dikendalikan. Selain itu, gejala limbung dan understeer dapat diminimalisasi.

Bicara soal kenyamanan, mobil ini juga dibekali fitur yang menunjangnya. Mobil terbaru Suzuki ini sudah dilengkapi push start dan stop button, keyless entry, tilt steering, serta steering wheel with switch audio control dan bluetooth phone connection.

Editor : Sheila Respati

Kok Oli Gardan Motor Matic Masih Bening Setelah Lama Digunakan?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa