Street Manners: Tips Aman Berhenti Darurat di Bahu Jalan Tol

Radityo Herdianto - Selasa, 24 Maret 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi Ruas Jalan Tol
Rianto Prasetyo
Ilustrasi Ruas Jalan Tol

GridOto.com - Saat melaju di jalan tol, terdapat lajur jalan di sebelah paling kiri yang umum disebut dengan bahu jalan tol.

Ditandai dengan garis lurus tanpa putus, bahu jalan tol bukan menjadi tempat menyalip atau tempat mobil melaju karena digunakan sebagai jalur darurat.

"Kalau tidak terlalu penting seperti berhenti istirahat atau sekedar mengecek, berhenti di bahu jalan tol cukup berbahaya karena arus lalu lintas yang kecepatannya tinggi," tegas Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada GridOto.com.

Kalau memang terjadi hal darurat dan memaksa harus berhenti, berikut tips berhenti darurat di bahu jalan tol yang aman.

Wajib nyalakan lampu hazzard sebagai isyarat ke pengemudi lain bahwa kondisi mobil Anda sedang dalam berhenti darurat.

Pasang Segitiga Pengaman saat Berhenti di Bahu Jalan Tol
Radityo Herdianto
Pasang Segitiga Pengaman saat Berhenti di Bahu Jalan Tol

(Baca Juga: Street Manners: Segini Jaga Jarak yang Aman Saat Mengemudikan Mobil)

"Pasang segitiga darurat paling minimal 30 meter dari jarak mobil sebagai ruang aman dan menjadi tanda antisipasi jika ada manuver mobil di sekitar bahu jalan," jelas Sony.

Kalau tidak sedang sendiri, mintalah bantuan satu penumpang untuk menjadi marshall atau pemandu di belakang mobil sebagai tambahan isyarat setelah segitiga darurat.

Dalam kondisi lalu lintas kecepatan tinggi, fungsi marshall bisa membantu pengemudi lain mengantisipasi keberadaan mobil yang sedang berhenti.

Kalau di dalam mobil ada lebih dari dua orang, wajib keluarkan sisa penumpang dari dalam mobil, hindari menunggu di dalam mobil. 

"Jika terjadi kondisi terburuk mobil ditabrak, korban jiwa bisa diminimalisir karena tidak ada orang di dalam kabin," tekan Sony.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa