Karpet Coil Mat Comfort Sempat Jadi OEM Mobil Toyota Lalu Berhenti, Begini Alasannya

Wisnu Andebar - Rabu, 19 Februari 2020 | 15:20 WIB
Beberapa contoh produk karpet coil mat yang ada di Indonesia.
Wisnu/GridOto.com
Beberapa contoh produk karpet coil mat yang ada di Indonesia.

GridOto.com - PT Performa Indo Lestari sebagai distributor Comfort Carpet pernah mendistribusikan karpet coil mat untuk OEM mobil Toyota.

Sayangnya, hanya bertahan beberapa tahun karena alasan tidak adanya metode pengetesan yang diterapkan untuk produk karpet coil mat.

Susanto Widjaja selaku Direktur PT Performa Indo Lestari mengatakan, awal 2012 pernah masuk sebagai OEM di Auto2000 sampai 2015.

(Baca Juga: Tips Mudik 2019, Bersihkan Karpet Mobil Sehabis Perjalanan Pulang)

"Tapi karena bisnis karpet ini diambil alih oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), jadi tidak boleh gunakan karpet coil mat lagi karena menurut keterangannya belum ada metode pengetesan untuk coil mat," katanya kepada GridOto.com saat ditemui di Jakarta Utara belum lama ini.

Pada saat itu, menurut Santo, suplai karpet mobil masih boleh dilakukan oleh pihak dealer, jadi belum ada sangkut paut TAM.

Ia melanjutkan, hingga kini karpet coil mat tidak digunakan lagi untuk OEM, melainkan hanya dijual sebagai produk aftermarket.

(Baca Juga: Diklaim Punya Desain yang Bikin Aman dan Sehat, Ini Keunggulan Comfort Carpet)

"Karena sekarang suplai ke Toyota harus melalui beberapa tes, dan belum ada metode pengetesanya untuk coil mat ini, sehingga belum bisa suplai lagi," jelas Santo.

Kini, ia tetap menyuplai karpet OEM untuk Toyota namun diganti dengan bahan Beludru.

Untuk bahan Beludru, Santo bilang ada metode pengetesannya yang dilakukan oleh TAM.

"Jadi sekarang suplai yang bahannya beludru, itu OEM untuk mobil Toyota tertentu. Jadi coil mat untuk aftermarket dan yang beludru ini untuk OEM," tutupnya.

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa