Menteri PUPR Coba Tol Layang Japek II Dengan Kecepatan 80 Km/jam, Begini Hasilnya

M. Adam Samudra - Rabu, 11 Desember 2019 | 08:25 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek
BKIP Kemenhub
Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek

 

GridOto.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mencoba langsung tol Jalan Layang Jakarta-Cikampek pada Selasa malam (10/12/2019).

"Tadi kita sudah coba 80 km/jam masih cukup nyaman, itu kecepatan maksimum di jalan tol ini," ujar Basuki melalui keterangan resminya.

"Insya Allah besok sore bisa selesai, karena ada 20 tim yang siap bekerja. Sehingga kalau Bapak Presiden ingin meresmikan tanggal 12 Desember 2019 sudah siap," sambung dia.

Dikatakan Basuki, usai diresmikan Presiden nanti, jalan tol tersebut baru akan dibuka untuk umum sekitar 2-3 hari.

(Baca Juga: Terus Geber Pembangunan Tol Trans Sumatera, PUPR Target Tol Kayu Agung-Jakabaring Beroperasi Akhir Tahun)

"Diusahakan lebih cepat lebih baik, tapi sebelum tanggal 20 Desember 2019 dipastikan sudah bisa dipakai untuk umum tanpa tarif hingga libur tahun baru 2020," ujarnya.

Menurut Basuki, Jalan Tol Layang Japek dibangun dengan banyak tantangan karena merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia.

(Baca Juga: Terapkan Tilang Elektronik Atau ETLE di Jalan Tol, Jasa Marga Gandeng Ditlantas Polda Metro)

"Lalu lintas (traffic) padat 200 ribu per hari, sehingga membutuhkan kehati-hatian tinggi. Waktu pengerjaan (window times)-nya hanya dari jam 10 malam-5 pagi. Sabtu-Minggu, hari raya libur. Ditambah lagi ada dua proyek lain secara bersamaan yakni kereta cepat dan LRT, sehingga membutuhkan banyak koordinasi hampir setiap minggu rapat," tuturnya.

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa