Jasa Marga Siap Galakkan Program Percepatan Zero ODOL di Jalan Tol dengan ETLE Tahun Depan

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 20 November 2019 | 15:55 WIB
Ilustrasi. truk kelebihan muatan dan kelebihan beban alias Over Dimension Overload (ODOL)
Istimewa.
Ilustrasi. truk kelebihan muatan dan kelebihan beban alias Over Dimension Overload (ODOL)

GridOto.com - Sebagai salah satu operator Jalan Tol di Tanah Air, PT Jasa Marga (Persero) mendukung program percepatan pemberatasan kendaraan Over Dimension Over Loading (ODOL).

Mengingat sejumlah kecelakaan yang melibatkan kendaraan ODOL belakangan ini, menjadi perhatian banyak kalangan terhadap keselamatan di jalan.

Zero ODOL pada awalnya ditargetkan dapat direalisasikan sepenuhnya pada 2021 mendatang, namun dipercepat menjadi 2020 atau tahun depan.

Hal itu muncul dalam talkshow bertajuk 'Menuju Zero ODOL (Over Dimension Over Loading) Jalan Tol 2020' di Rest Area Km 39A, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (20/11/2019).

(Baca Juga: Blak-blakan Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub: Zero ODOL Hindari Kecelakaan)

Bagian dari rangkaian kegiatan 'Jasa Marga Tertib Lalu Lintas 2019' di sejumlah lokasi pada tanggal 18 hingga 21 November 2019.

Subakti Syukur, selaku Direktur Operasi Jasa Marga menyampaikan, di Jalan Tol Jasa Marga saat ini telah terpasang 22 smart camera, yang tersebar di Jalan Tol Jabotabek dan Jalan Tol Trans Jawa.

"22 smart camera ini akan menangkap data yang terintegrasi dengan sistem penegakan hukum yang dikelola oleh Kepolisian," ujar Subakti dalam siaran resmi Jasa Marga, Rabu (20/11/2019).

"Kami dukung penerapan ETLE di Jalan Tol karena salah satu yang menjadi fokus kami adalah pengguna jalan berkesalamatan yang dapat memenuhi tata tertib lalu lintas," tambahnya.

(Baca Juga: Demi Keselamatan, Astra Isuzu Bertekad Bantu Pemerintah Perangi ODOL)

Selaras dengan hal tersebut, Agita Widjajanto, Anggota BPJT Kementerian PUPR mengatakan, untuk mewujudkan konsep penegakan hukum yang totalitas terutama dalam menyelesaikan isu ODOL di jalan tol.

Dengan menciptakan kerjasama dan kolaborasi yang baik seluruh pihak yang terlibat seperti BPJT, Ditjen Hubdat, Polantas hingga Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) untuk berkomitmen menuju Zero ODOL di jalan tol.

"Untuk penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol ke depannya, para pihak akan mengintegrasikan smart camera yang ada di jalan tol," ungkap Agita.

"Untuk dapat ditempatkan di beberapa titik yang berfungsi menangkap data plat nomor kendaraan, kecepatan kendaraan hingga beban kendaraan yang melanggar ketertiban berlalu lintas," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa