Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap! Semua Desa di Purwakarta Punya Ambulans, Wuling Mendominasi

Latifa Alfira Ulya - Kamis, 27 Juni 2019 | 15:15 WIB
Mobil ambulans untuk semua desa di Purwakarta
Mobil ambulans untuk semua desa di Purwakarta

GridOto.com - Semua desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat kini telah memiliki mobil ambulans yang bersiaga di masing-masing kantor desa setiap harinya.

Melansir dari TribunJabar.id, tujuan disediakannya mobil ambulans ini agar memudahkan dan mempercepat penanganan kesehatan yang bisa menjangkau semua lapisan masyarakat di Purwakarta.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat menjelaskan lebih perinci terkait anggaran pengadaan mobil ambulans tersebut.

Ia mengatakan bahwa ambulans desa yang diberi nama 'Kidang Kawelas Jos' itu anggarannya berasal dari dana bagi hasil pajak (DBHP) desa.

(Baca Juga: Miris! Ambulans Bawa Pasien Kritis Tak Dikasih Jalan, Hingga Endingnya Pasien Meninggal Dunia)

"Dari DBHP ini jumlah yang diterima tiap desa itu sangat bervariatif. Tergantung dari besaran pendapatan di desa itu sendiri. Pendapatan dari DBH ini pemkab menyarakan untuk dibelikan ambulans," kata Anwar saat mendampingi Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika meresmikan mobil ambulans di Desa Kutamanah, Sukasari, Purwakarta, pada Rabu (26/6/2019).

Pada tahun 2019, bantuan armada ambulans baru untuk seluruh masyarakat desa di Purwakarta sekitar 180 unit mobil baru.

Semua ambulans telah tersebar ke setiap desa yang ada di Purwakarta dan sudah siap mengantarkan masyarakat yang membutuhkan.

Anwar menambahkan, pembelian ambulans ini murni inisiatif desa karena dana berasal dari desa itu sendiri.

"Untuk pembelian mobil, baik dari jenis dan mereknya itu hak preogratif masing-masing desa. Artinya, untuk jenis mobilnya tergantung selera masing-masing desa. Memang, mobil buatan China lebih mendominasi," ujarnya.

Editor : Fendi
Sumber : TribunJabar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa