Arus Balik Libur Lebaran Diprediksi Lebih Padat, Ini Saran dari Korlantas Polri

Ilham Fariq M - Sabtu, 8 Juni 2019 | 11:45 WIB
Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Tol jakarta-Cikampek.
Dokumentasi Jasa Marga
Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Tol jakarta-Cikampek.

GridOto.com- Rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way untuk arus balik libur Lebaran mulai diberlakukan pada Jumat (7/6/2019) kemarin.

Dalam rangka mengantisipasi arus mudik dan balik libur Lebaran 2019, setidaknya 160 ribu petugas keamanan diterjunkan di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini senada dengan keterangan yang diberikan Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri), Irjen Pol Refdi Andri yang menambahkan ada 60 persen petugas keamanan diterjunkan di Pulau Jawa.

Ia pun menghimbau agar setiap petugas keamanan selalu siap dalam membantu mengamankan mudik maupun arus balik lebaran 2019.

(Baca Juga: Tips Mudik 2019, Balik Mudik Mulai Ngantuk? Ini Pencegahannya)

"Tugas arus mudik belum selesai. Ada 4 hari ke depan arus balik yang harus diamankan. Waktu singkat. Selain kesiapan petugas, masyatakat juga harus bisa menentukan dan merencanakan lebih baik lagi perjalanan," ujar Refdi, dikutip dari Tribunnews.com.

Refdi pun mengimbau para pengendara untuk patuhi rambu-rambu dan intruksi petugas di lapangan agar perjalanan aman dan nyaman.

Selain itu berdasarkan keterangan dari Dirlantas Polda Jateng Rudy Antariksa, diberlakukannya rekayasa one way dari GT Kalikangkung, pihaknya memprediksi akan ada kepadatan di sejumlah pintu masuk tol seperti Bawen dan Solo.

Sehingga pihaknya memprediksi titik rawan dengan jalan-jalan yang cukup panjang ketika masuk dari Colomadu maupun Lasem.

(Baca Juga: Demi Kelancaran Arus Balik, BPTJ Instruksikan 8 Point Ini Harus Dijalankan)

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengolala jalan tol untuk membuat gate-gate tambahan utamanya pintu masuk Bawen dari arah Magelang dan Banyumanik.

"Keselurahan gate yang satelit dan petugas regent ada 18 gate yang kita siapkan untuk antisipasi exit-exit dan alternatif lain. One way kami fleksibel dan sampai hari Minggu masih padat kami akan tambah. Saya kira waktunya 3-4 hari masyarakatakan serentak," tambah Rudy.

"Siapkan kendaraan dan kelayakan. Isi full E-Toll dan e-money karena akan menghambat arus kendaraan," pungkas Rudy

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Berlaku Hingga Senin, One Way Arus Balik Lebaran Mulai dari Semarang Hingga Cikampek"

Editor : Dida Argadea
Sumber : Tribunnews.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa