Sistem Tol Satu Arah, LMS Rekomendasikan Mudik Tanggal 30 Mei - 2Juni

Harun Rasyid - Selasa, 21 Mei 2019 | 12:54 WIB
PT LMS saat menjelaskan sejumlah langkah taktis untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2019 di Kantor Operasional LMS di Cibogo, Subang, Rabu lalu (15/5/2019).
tribunjabar.co.id
PT LMS saat menjelaskan sejumlah langkah taktis untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2019 di Kantor Operasional LMS di Cibogo, Subang, Rabu lalu (15/5/2019).

GridOto.com - Dalam bepergian jauh seperti mudik Lebaran kita memang perlu memperhitungkan baik-baik semua aspek.

Mulai dari kondisi kesehatan, kondisi kendaraan, pemilihan rute perjalanan dan yang tidak kalah penting yaitu waktu keberangkatan.

Jumlah pemudik biasanya mencapai puncaknya pada H-3 sebelum Lebaran Idul Fitri, jadi demi kenyamanan perjalanan mudik baiknya kita menghindari puncak arus mudik tersebut.

Dilansir GridOto dari Tribunjabar.co.id, menurut Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Firdaus Azis, tanggal 30 Mei hingga 2 Juni menjadi waktu terbaik untuk melakukan perjalanan.

Alasannya karena di tanggal tersebut, akan diberlakukannya sistem one way traffic pada 30-31 Mei dan 1-2 Juni dari KM 29 Cikarang Utama hingga Km 262 Brebes Barat.

(Baca Juga: Tips Mudik Lebaran, Manajemen Penempatan Barang di Ruang Bagasi Mobil)

"Pada tanggal itu arus lalu lintas kami prediksi lebih lancar, karena penerapan sistem satu arah, sehingga beban atau volume kendaraan bisa terdistribusi," ujar Firdaus

Dengan panjang 116,75 kilometer ruas tol Cipali akan menarik minat masyarakat yang tadinya menggunakan pesawat atau kereta untuk beralih mudik melewati tol Trans Jawa yang seluruhnya akan terkoneksi 21 Desember 2019.

Sistem satu arah diberlakukan dan diputuskan oleh pemegang otoritas dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) yang akan membuka seluruh empat lajur Tol Cipali.

Dengan pembukaan seluruh lajur ke satu arah menuju timur tentu akan membuat antrean di gerbang tol (GT) tidak akan menumpuk, demikian juga halnya antrean di rest area yang kerap menjadi penyebab kemacetan.

(Baca Juga: Mau Pulang Kampung Aman? Astra Infra Punya Banyak Fasilitas di Tol Trans Jawa)

Namun Firdaus tetap mengimbau kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik seawal mungkin, apalagi jika masa liburnya panjang mudik lebih dini harus dimanfaatkan dengan baik.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Anda Mau Mudik Lebaran? Ini Rekomendasi Waktunya, Diprediksi Arus Lalu Lintas Lancar, http://jabar.tribunnews.com/2019/05/21/anda-mau-mudik-lebaran-ini-rekomendasi-waktunya-diprediksi-arus-lalu-lintas-lancar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi
Sumber : tribunjabar.co.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa