PT JSB Lakukan Sejumlah Persiapan, Antisipasi Peningkatan Arus Lalu Lintas Selama Libur Akhir Tahun 2020

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 23 Desember 2020 | 18:00 WIB

Gerbang Tol Kalikangkung Semarang (Ruditya Yogi Wardana - )

Gridoto.com - PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) dikabarkan melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi Libur Akhir Tahun 2020.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Kota Semarang di ruas tol Brebes-Batang-Semarang yang diprediksi terjadi pada 24 Desember 2020.

"Kami memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan untuk arus mudik pada 24 Desember 2020. Prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada 3 Januari 2021," ujar Direktur Utama PT JSB, Prajudi, dikutip dari Tribunjateng.com, Selasa (22/12/2020).

Lantas persiapan apa saja yang dilakukan PT JSB untuk hadapi Libur Akhir Tahun 2020?

Baca Juga: Polda Jateng Lakukan Operasi Lilin Candi 2020 dan Adakan Rapid Test Antigen di Rest Area Jalan Tol

Langkah pertama yang dilakukan yakni menambah jumlah gardu di exit gate Gerbang Tol (GT) Kalikangkung menjadi 17 unit.

Tidak hanya itu, gardu entrance gate di gerbang tol tersebut juga ditambah menjadi sebanyak 12 unit untuk memperlancar arus lalu lintas.

Tribunjateng.com/Rahdyan Trijoko
Kondisi lalu lintas di GT Kalikangkung Semarang.

Pihak pengelola juga berencana untuk melakukan langkah pengetatan protokol kesehatan yang difokuskan di rest area, seperti pembatasan pengunjung rest area, mewajibkan penggunaan masker, penyediaan sarana cuci tangan dan sebagainya.

"Khusus di rest area, PT JSB mengopitimalkan layanan pada sejumlah fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing, seperti pembatasan pengunjung. Kapasitas parkir juga maksimal 50 persen untuk mencegah penyebaran Covid-19," jelas Prajudi.

Baca Juga: Mau Liburan Akhir Tahun? Ingat Ya, Jangan Beristirahat di Bahu Jalan!