Kembangkan Sektor Pariwisata Pulau Belitung, DAMRI Siapkan Rute Baru di Tahun Depan

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 14 Oktober 2020 | 16:20 WIB

DAMRI dikabarkan akan kembangkan cakupan armadanya di Kabupaten Belitung Timur. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Perusahaan umum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Perum DAMRI) diketahui sudah melayani tiga trayek di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Tiga trayek tersebut melayani dua rute dari Tanjung Pandan, Belitung menuju Pantai Tanjung Kelayang.

Kemudian satu rute dari Bandara Hanandjoeddin menuju Pantai Tanjung Kelayang.

Melansir dari Kontan.co.id, DAMRI dikabarkan akan mengembangkan lagi trayeknya pada 2021 mendatang agar bisa mencakup wilayah Kabupaten Belitung Timur.

Baca Juga: Damri Perluas Layanan Hingga ke Arab Saudi, Eh... Sudah Tahu Belum Kepanjangan dari Damri?

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis DAMRI, Sandry Pasambuna mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus membahas pelayanan angkutan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Pelebarkan rute armada ke beberapa lokasi, antara lain Pantai Burong Mandi, Pantai Nyiur Melambai, Pantai Punai, Pulau Buku Limau dan Replika 3D Laskar Pelangi juga menjadi salah satu pembahasan.

"Pada 2021 pengembangan selanjutnya yang akan dilakukan DAMRI dapat mencakup wilayah Kabupaten Belitung Timur. Karena potensi wisata di Belitung Timur cukup banyak," ungkap Sandry dikutip dari Kontan.co.id.

Peningkatan pelayanan angkutan wisata yang dilakukan DAMRI di antaranya adalah penambahan armada dan kapasitas serta pengembangan trayek dari bandara menuju lokasi wisata.