Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macet Makin Tak Teratasi, Polisi Buka Dua Jalur Contraflow Sekaligus di Ruas Tol Japek

M. Adam Samudra - Sabtu, 30 Desember 2023 | 11:45 WIB
Polisi berlakukan Contraflow
Jasa marga
Polisi berlakukan Contraflow

GridOto.com - Atas diskresi kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol membuka jalur Contraflow KM 47 s.d KM 65 arah Cikampek Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas arus mudik pada periode libur Tahun Baru 2024, atas diskresi dari pihak Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) membuka jalur contraflow 2 lajur," kata Ria Marlinda Paallo, VP. Corporate Secretary and Legal
PT Jasamarga Transjawa Tol, Sabtu (30/12/2023).

Menurutnya hal ini dilakukan lantaran volume lalu lintas kendaraan arah Cikampek pada Ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek mulai meningkat.

PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup.

"Kami juga menghimbau agar pengendara untuk mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area," tuturnya.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," ucapnya lagi.

Ia pun meminta pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.1 untuk mengetahui titik kemacetan.

Sekadar informasi, Jasamarga memprediksi puncak arus balik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) akan terjadi pada Senin 1 Januari 2024.

Baca Juga: Siap-siap! Korlantas Bakal Lakukan Contraflow di Tol Selama Libur Nataru Jika Hal Ini Terjadi

"Kendaraan yang kembali ke Jabotabek mayoritas akan berasal dari arah timur (arah Trans Jawa) yang diprediksi akan mencapai 140 ribu kendaraan atau naik 28% dari puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebanyak 110 ribu kendaraan," ungkapnya.

Jumlah kendaraan yang berasal dari arah timur ini, juga merupakan 58% dari jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek yang diprediksi mencapai 240 ribu kendaraan, naik 19% dibandingkan Natal-Tahun Baru 2022/2023 dan naik 75% terhadap lalu lintas (lalin) normal.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa