Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap! Korlantas Bakal Lakukan Contraflow di Tol Selama Libur Nataru Jika Hal Ini Terjadi

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 29 Desember 2023 | 15:00 WIB
Enggak ada jadwal khusus, ini syarat Korlantas lakukan contraflow dan one way di jalan tol selama Libur Nataru 2024.
Dok. Jasa Marga
Enggak ada jadwal khusus, ini syarat Korlantas lakukan contraflow dan one way di jalan tol selama Libur Nataru 2024.

GridOto.com - Contraflow menjadi salah satu cara Korlantas Polri mengurai kemacetan di ruas jalan tol, utamanya pada libur Nataru 2024 ini.

Sejak 23 Desember lalu, Korlantas Polri serta Jasa Marga sudah beberapa kali melakukan contraflow sebagai penanggulangan peningkatan volume lalu lintas yang terjadi.

Utamanya pada ruas tol Jagorawi maupun Jakarta-Cikampek, yang diprediksi akan mengalami lonjakan volume lalu lintas selama libur Nataru 2024.

Setelah melewati masa arus mudik dan arus balik libur Natal, puncak arus mudik dan arus balik libur Tahun Baru 2024 diperkirakan jatuh masing-masing pada 30 Desember 2023 dan 1 Januari 2024 mendatang.

Meski demikian, AKBP Bargani, SIK, selaku Kasubbag Renops Korlantas Polri mengatakan kalau pihaknya tidak punya jadwal khusus untuk melakukan contraflow.

"Karena contraflow itu sifatnya situasional, berdasarkan penghitungan arus kendaraan yang masuk ke tol Jakarta-Cikampek ataupun Cipali," ucapnya di Banten baru-baru ini.

AKBP Bargani mengatakan, lajur yang dibuka untuk contraflow akan bertambah dengan semakin tingginya arus kendaraan yang melintas.

Jika volumenya berada di atas 5.500 kendaraan per jam, maka Korlantas akan memberlakukan contraflow satu lajur.

"Kalau naik lagi di atas 6.900 maka lajurnya kami tambah jadi dua, kalau masih naik lagi sampai 7.500 kendaraan per jama maka lajur contraflow nya ditambah jadi tiga," jelas AKBP Bargani.

Baca Juga: Macet Parah, Contraflow di Rest Area Tol Jakarta-Cikampek Km 57 Diberlakukan

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa