Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macet Parah, Contraflow di Rest Area Tol Jakarta-Cikampek Km 57 Diberlakukan

M. Adam Samudra - Sabtu, 23 Desember 2023 | 18:33 WIB
Ilustrasi contraflow di ruas tol Tangerang-Merak
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi contraflow di ruas tol Tangerang-Merak

GridOto.com - Kementerian Perhubungan bersama instansi lain berlakukan contraflow di Rest Area Tol Jakarta-Cikampek Km 57, Kabupaten Karawang, Sabtu (23/12).

Hal ini dilakukan dari hasil tinjauan udara untuk mengecek kepadatan arus kendaraan di jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang diprediksi mengalami puncaknya pada hari ini.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan tinjauan udara kepadatan lalu lintas ruas tol Jakarta-Cikampek terlihat mulai padat namun masih terkendali.

Ia menyebut, rekayasa lalu lintas melalui contraflow yang dilakukan pihak Korlantas Polri untuk mengurai kepadatan sudah tepat.

"Selain itu,Tol Jakarta-Cikampek menuju Jawa Barat terutama ke daerah Gadog, Puncak Bogor masih terpantau normal namun harus tetap diwaspadai, " ujar Budi, Sabtu (23/12/2023).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, masih menemukan truk roda sumbu 3 atau lebih yang masih beroperasi meski sudah diberlakukan pembatasan sementara di masa libur Nataru.

Jika dibiarkan, dikhawatirkan akan menambah kepadatan.

Ia pun meminta Korlantas Polri untuk melakukan penegakkan hukum bagi pengemudi truk sumbu 3 yang melanggar ketentuan aturan pembatasan sementara kendaraan barang.

"Kami juga meminta kepada operator logistik agar mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan tentang pembatasan kendaraan truk sumbu 3 atau lebih, " jelas Menhub.

Baca Juga: Hindari Macet Nataru, Ini Dia Jalur Alternatif Buat yang ke Arah Purwakarta dan Bandung Barat

Sementara itu, Kakorlantas Brigjen Pol. Aan Suhanan mengatakan, akan melakukan upaya penegakan hukum yang lebih tegas bagi truk sumbu 3 atau lebih yang masih beroperasi di ruas tol guna memperlancar dan meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan masyarakat.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa