Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Rekayasa One Way Resmi Berlaku dari Tol Semarang Sampai Cikampek, Jangan Lupa Ada Contraflow

Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 30 April 2023 | 13:15 WIB
Ilustrasi, rekayasa one way diberlakukan di Tol Trans Jawa dari Cikampek sampai Kalikangkung selama mudik Lebaran 2023
Kompas.com/Aprida Mega Nanda
Ilustrasi, rekayasa one way diberlakukan di Tol Trans Jawa dari Cikampek sampai Kalikangkung selama mudik Lebaran 2023

GridOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung keputusan Kepolisian untuk memperpanjang penerapan rekaysa jalur one way pada arus balik Lebaran 2023 di Tol Trans Jawa.

Rekayasa one way sudah dimulai pada Sabtu (29/4/2023) pukul 20.35 WIB dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga KM 72 GT Cikampek.

Berdasarkan rilis yang diterima GridOto.com dari Jasa Marga, keputusan ini didasarkan pada kenaikan signifikan volume lalu lintas kendaraan dari arah Timur menuju Jakarta sejak pagi hari, sementara jumlah kendaraan dari Jakarta menuju arah Timur masih sedikit.

Hal tersebut dipertimbangkan dengan pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan.

Penerapan jalur one way ini juga memastikan jalur sebaliknya (menuju timur) steril dari pengguna jalan, dimana pembersihan lajur dilakukan pada rentang waktu pukul 19.35 hingga 20.35 WIB.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas lainnya yang diberlakukan saat ini di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta adalah contraflow dua lajur dari KM 72 hingga KM 47.

Pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju arah Cikampek/arah Timur akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanan melalui jalan nasional Pantura.

Namun, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Bandung masih berlaku normal.

Dalam mengoptimalkan kapasitas transaksi di GT Cikampek Utama menuju arah Jakarta saat penerapan jalur one way, Jasa Marga telah mengoperasikan total 28 gardu tol serta menambahkan 20 unit mobile reader.

Baca Juga: Volume Kendaraan Meningkat, Polisi Berlakukan Lagi Sistem One Way di Tol Cipali Sampai Tol Jakarta-Cikampek

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan transaksi pengguna jalan yang menuju arah Jakarta.

Pihak Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan yang belum melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek agar selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Selain itu, Sobat GridOto yang melaksanakan arus balik juga harus memastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll, dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Pengguna jalan juga disarankan menyiapkan saldo e-toll minimal Rp 500 ribu untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta, guna menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa