Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemula Wajib Simak Teknik Melintasi Rekayasa One Way Jalan Tol, Ingat Jalurnya Kebalik

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 28 April 2023 | 14:30 WIB
Awas jalurnya jadi kebalik, berikut tips melintasi rekayasa one way di jalan tol.
Kompas.com
Awas jalurnya jadi kebalik, berikut tips melintasi rekayasa one way di jalan tol.

GridOto.com - Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah di beberapa ruas Tol Trans Jawa pada periode arus balik Lebaran 2023.

Rekayasa one way tersebut berlaku dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang hingga KM 72 GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

Pelaksanaannya sendiri dibagi menjadi dua periode, yang pertama berlangsung dari 24-27 April 2023, lalu periode kedua berlangsung pada 29 April-1 Mei 2023 mendatang.

Sebagai catatan, untuk pengemudi pemula yang baru pertama kali melintasi rekayasa one way, ada beberapa hal yang harus disesuaikan, karena akan menggunakan jalur kanan yang aslinya merupakan jalur berlawanan.

Dalam unggahan akun Instagram @ntmc_polri, pengemudi juga diimbau memahami perbedaan posisi rest area dan jalur darurat saat lewat one way.

Alasannya karena, jika jalur utama sebelah kanan, maka bahu jalan, jalur darurat, dan rest area, kini ada di sebelah kanan saat rekayasa one way sedang berlangsung.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, pengemudi yang ingin menggunakan jalur kanan pada saat arus balik, perlu memperhatikan beberapa tips.

Pertama-tama, jalur satu arah seharusnya memiliki kecepatan yang seimbang dan tidak saling mendahului.

"Kecepatan yang ideal adalah sekitar 60 km per jam hingga 70 km per jam dan jalur paling kanan harus lebih lambat kecepatannya," jelasnya, dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: One Way dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai Tol Japek Dihentikan, Lalu Lintas Kini Mulai Normal

Kemudian, bagi pengemudi yang belum terbiasa mengemudi di jalur sebelah kanan, sebaiknya tidak menggunakan jalur tersebut karena dapat membuat pengemudi kebingungan dan menyebabkan kemacetan.

"Jalur satu arah didesain untuk perjalanan jarak jauh dan bukan untuk keluar masuk gerbang secara terus-menerus. Oleh karena itu, jika hanya ingin melewati dua atau tiga gerbang, lebih baik tidak masuk ke jalur tersebut," ujarnya.

Terakhir, bagi pengemudi yang sudah berada di jalur kanan dan ingin menuju rest area, Sony menyarankan untuk mengingat bahwa posisinya berada di sebelah kanan, bukan sebelah kiri.

"Buat yang mau ke rest area, pengemudi perlu mengurangi kecepatannya hingga sekitar 60 km per jam, memeriksa spion, dan menyalakan lampu sein kanan dari jarak sekitar 100 meter hingga 200 meter," pungkasnya.

Editor : Dida Argadea
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa