Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Fungsional Yogyakarta-Solo Dilewati 55 Ribu Kendaraan Selama Nataru 2023

Naufal Shafly - Kamis, 28 Desember 2023 | 20:30 WIB
Jalan tol Yogyakarta-Solo dioperasikan secara fungsional pada libur Nataru 2023.
Dok. Jasa Marga
Jalan tol Yogyakarta-Solo dioperasikan secara fungsional pada libur Nataru 2023.

GridOto.com - Sebanyak 55.466 kendaraan tercatat melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Yogya-Solo), Segmen Kartasura sampai dengan Karanganom.

Angka tersebut merupakan data jumlah kendaraan yang melewati jalur fungsional selama lima hari, yaitu pada 22-26 Desember 2023.

"Hingga saat ini volume lalu lintas tertinggi tercatat pada Minggu (24/12/2023), dengan lalu lintas sebanyak 12.142 kendaraan," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Suchandra Hutabarat dalam keterangan resminya, Rabu (28/12/2023).

"Peningkatan tertinggi ke arah Yogyakarta sebesar 862 kendaraan per jam yang terjadi pada pukul 08.00-09.00 WIB,” lanjutnya.

Baca Juga: Besok Jasa Marga Kasih Diskon Tarif Tol Puluhan Ribu Rupiah, Catat Detailnya Nih

Suchandra juga menambahkan, PT JMJ optimis kendaraan yang melewati jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura sampai dengan Karanganom masih akan terus meningkat.

Tidak hanya dioperasikan pada periode arus mudik 22-31 Desember 2023, jalan tol ini juga akan mendukung arus balik yang dijadwalkan pada 1-3 Januari 2024 secara satu arah dari Yogyakarta ke Solo pukul 06.00-17.00 WIB.

Di luar tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting.

PT JMJ telah menyiagakan sarana parasarana dan fasilitas pendukung untuk menunjang operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo di antaranya menyediakan Pos Layanan Informasi Siaga, dan posko petugas yang disiagakan di beberapa titik rawan kepadatan.

Baca Juga: Besok Jasa Marga Kasih Diskon Tarif Tol Puluhan Ribu Rupiah, Catat Detailnya Nih

“Apabila pengguna jalan mengalami keadaan darurat, kami menyediakan MCS (Mobile Customer Service), ambulance, BBM mobile, toilet portable serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat," ucapnya.

"Selain itu, kami juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah, dan Traffic Light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APPIL) yang berada di jalan nasional di depan akses Banyudono dan di jalan nasional di depan akses Karanganom," tutup Suchandra.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa