Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Keunggulan Ban Bridgestone Ecopia EP300 Enliten yang Baru Rilis, Cocok Buat MPV dan Small SUV

Wisnu Andebar - Rabu, 15 November 2023 | 21:20 WIB
Bridgestone Ecopia EP300 Enliten resmi diluncurkan
Wisnu/GridOto.com
Bridgestone Ecopia EP300 Enliten resmi diluncurkan

GridOto.com - PT Bridgestone Tire Indonesia resmi meluncurkan produk ban terbarunya yakni Ecopia EP300 Enliten di Karawang, Jawa Barat pada hari ini Rabu (15/11/2023).

President Director Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, mengklaim teknologi Enliten pada seri ban yang dikenal ramah lingkungan ini memiliki sejumlah keunggulan.

"Ecopia EP300 Enliten memiliki rolling resistance coefficient (RRC) atau hambatan gulir yang rendah atau lebih rendah 4 persen dibandingkan ban tanpa teknologi Enliten," ujarnya di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).

Hal ini disebut berdampak cukup signifikan pada rendahnya produksi CO2 karena ada penekanan konsumsi bahan bakar.

Selanjutnya dari sisi performa, Bridgestone melakukan optimalisasi Crown Shape atau bentuk kembangan ban.

Penerapan desain ini bertujuan memberikan tekanan kontak lebih merata ban pada permukaan aspal dan berkontribusi pada RRC yang lebih baik.

Optimalisasi ini juga berpengaruh pada performa yang lebih baik di lintasan basah, baik untuk handling maupun pengereman.

Seremoni peluncuran Bridgestone Ecopia EP300 Enliten di Karawang, Jawa Barat
Wisnu/GridOto.com
Seremoni peluncuran Bridgestone Ecopia EP300 Enliten di Karawang, Jawa Barat


Selain melalui optimalisasi Crown Shape, performa ban juga didukung oleh penggunaan compound baru, yang juga memberi dampak positif langsung pada kontribusi berkurangnya RRC serta performa yang lebih baik di lintasan basah.

Selanjutnya performa Ecopia EP300 Enliten juga ditunjang oleh desain tepi blok yang membulat mencegah deformasi untuk menjaga bentuk kontak.

Baca Juga: Teknologi Sudah Ada, Ini Alasan Bridgestone Belum Jual Ban Mobil Listrik di Indonesia

Sehingga mampu meningkatkan daya cengkeraman ban untuk memiliki jarak pengereman yang lebih pendek, bahkan di permukaan jalan yang lembab hingga basah.

Performa juga didukung teknologi Round Rib Edge yang mampu mempertahankan kekakuan terhadap gaya lateral untuk memastikan bentuk kontak yang lebih baik dan distribusi tekanan kontak.

Hal ini akan memberikan pengalaman penanganan yang lebih baik saat di lintasan basah pada pengemudi.

Tidak hanya itu, teknologi yang ada pada Bridgestone Ecopia EP300 Enliten diklaim membuat masa penggunaan yang lebih lama.

Hadir dalam tiga ukuran rim, yaitu 15, 16, dan 17 inci, ban seri Ecopia terbaru ini akan mengisi segmen kendaraan MPV dan Small SUV.

“Saat ini, Ecopia EP300 Enliten sudah tersedia di dealer resmi kami, seperti di Toko Model (Tomo) Bridgestone," tutup Marketing Director Bridgestone Indonesia, Masaki Abe.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa